Banyak hal yang membuat seorang mahasiswa memutuskan untuk mencari pekerjaan paruh waktu selama masa kuliah berlangsung. Misalnya faktor finansial maupun untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke lingkungan masyarakat seutuhnya. Apapun alasan yang menjadi dasar, mahasiswa perlu menanamkan 5 motivasi kuliah sambil kerja berikut agar dalam menyelesaikan studi dengan maksimal:

1. Keinginan yang Kuat Untuk Belajar Mandiri

Kemandirian seseorang benar-benar akan dilatih ketika berkuliah jauh dari orang tua. Bila biasanya banyak pekerjaan dilakukan dengan bantuan orang tua, kini mahasiswa harus belajar mandiri ketika menjadi anak kost. Bukan hanya itu, sebisa mungkin seorang mahasiswa tidak merepotkan keluarga khususnya dalam segi finansial.

Hal tersebut mampu menjadi motivasi kuliah sambil kerja guna membiayai kebutuhan lain di samping uang saku yang diterima tiap bulan. Akan lebih membanggakan lagi bila biaya kuliah sepenuhnya dapat dibiayai secara mandiri. Sehingga orang tua tidak akan terbebani sama sekali dengan biaya untuk menyelesaikan pendidikan.

2. Membulatkan Tekad Untuk Segera Menyelesaikan Pendidikan

Selain alasan finansial, kuliah sambil kerja akan membantu memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk lebih giat belajar. Sebab, kini mahasiswa telah memahami arti kerja keras untuk membiayai pendidikan. Sehingga akan sangat disayangkan bila uang kuliah tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin guna menambah pengetahuan.

Bila bekerja di dalam sebuah lembaga khusus seperti tenaga pengajar di sekolah, mahasiswa akan lebih termotivasi untuk cepat lulus. Dorongan ini yang akan membantu meningkatkan semangat untuk belajar dengan baik dan memenuhi target kelulusan. Termasuk mencetak nilai terbaik dalam tiap mata kuliah yang diambil hingga lulus dengan predikat yang membanggakan.

3. Melatih Manajemen Keuangan

Setelah mengerti perjuangan dalam mencari pendapatan guna memenuhi kebutuhan kuliah, mahasiswa akan terlatih untuk melakukan manajemen keuangan. Ketika menghasilkan uang dari jerih payah sendiri, akan berat rasanya bila menghambur-hamburkan uang yang diperoleh. Terlebih kemampuan dalam memanajemen uang sangat dibutuhkan baik untuk pribadi maupun dalam pekerjaan.

4. Memiliki Target yang Jelas Setelah Lulus

Pengetahuan dalam dunia kerja memudahkan mahasiswa untuk menyusun target setelah lulus. Misalnya ingin melamar kerja pada instansi tertentu atau mulai mengembangkan bisnis yang paling diminati. Pengalaman di dunia kerja akan menuntun seseorang dalam menemukan bidang yang paling menjanjikan untuk masa depan.

Di samping itu, mahasiswa akan menyadari bahwa pendidikan sangatlah penting dalam menunjang karir ke depan. Sehingga muncul motivasi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi sesuai bidang yang ditekuni. Tujuannya untuk menambah pengetahuan sekaligus membuka kesempatan kerja yang lebih luas di masa mendatang.

5. Mencari Relasi di Dunia Kerja

Pengalaman di dunia kerja membuat seseorang lebih dikenal oleh masyarakat. Mengingat lulusan fresh graduate seringkali disepelekan ketika melamar pekerjaan. Hal ini dapat diamati dari banyaknya lowongan kerja yang lebih mengutamakan pengalaman daripada pendidikan yang tinggi. Sehingga, kuliah sambil kerja telah menjadi bekal bagi seorang mahasiswa sebelum terjun langsung ke masyarakat.

Selama bekerja, mahasiswa akan terbiasa berbicara dengan orang-orang yang profesional di bidangnya. Kemampuan yang baik dalam public speaking sangatlah berarti ketika berada di dunia kerja. Tidak menutup kemungkinan lewat skill yang dimiliki tersebut mahasiswa justru direkomendasikan untuk menerima jabatan yang lebih tinggi.

Demikianlah penjelasan akan pentingnya 5 motivasi kuliah sambil kerja guna mengembangkan karir seseorang. Pastikan melakukan pengelolaan waktu yang baik, sehingga pekerjaan tidak mengganggu aktivitas kuliah. Akan lebih direkomendasikan bila mahasiswa mencari pekerjaan sesuai dengan bidang pendidikan yang sedang ditekuni. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat langsung diterapkan pada dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.