Mahasiswa memiliki banyak wadah untuk menyalurkan kreativitas hasil pemikirannya. Salah satunya adalah lewat PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa yang berbasis teknologi sederhana. Ada banyak contoh PKM Teknologi Sederhana yang sudah lolos dan memberikan hasil bermanfaat. Kali ini akan dibahas seperti apa pengertian, manfaat, juga contoh programnya.

Pengertian

Mahasiswa dari berbagai universitas punya peluang sama untuk bergabung dalam PKM. PKM adalah ajang kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat di berbagai bidang. PKM sendiri dibagi menjadi beberapa kategori dan salah satunya adalah PKM Teknologi Sederhana. Program ini juga sering dikenal sebagai PKMT.

Kategori PKM yang satu ini merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menciptakan karya teknologi yang bisa menambah nilai di masyarakat. Produk teknologi yang dihasilkan dari program kreativitas ini beragam, mulai dari prototipe, model alat, perangkat lunak, sistem, maupun jasa. Pemanfaatan teknologi oleh mahasiswa dikembangkan lebih jauh sehingga bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

Melalui program ini mahasiswa akan saling bertukar pikiran dengan pihak yang menjadi mitra mengenai pemanfaatan teknologi sesuai topik dalam PKM. Perlu diketahui juga bahwa dasar teknologi yang digunakan sudah tersedia sehingga hanya perlu dikembangkan lebih jauh. Tujuan akhir dari program ini adalah hadirnya produk teknologi sederhana yang bisa memberi manfaat.

Manfaat

PKM Teknologi Sederhana ini memiliki beragam manfaat baik bagi mahasiswa maupun masyarakat. Sebelum masuk ke contoh PKM Teknologi Sederhana, mari cari tahu dulu apa saja manfaat dari program ini. Berikut adalah manfaat pelaksanaan PKM Teknologi Sederhana:

  • Menghasilkan produk-produk teknologi yang bermanfaat
  • Mengoptimalkan perkembangan teknologi yang sudah ada
  • Mempermudah kerja masyarakat melalui teknologi yang dihasilkan
  • Meningkatkan kreativitas mahasiswa di bidang teknologi
  • Membuka peluang mahasiswa untuk menjalankan usaha dari hasil teknologi yang dibuat
  • Memperluas kemitraan antara mahasiswa dengan masyarakat yang akan menjadi tujuan dari program

Contoh Program

Ada banyak sekali contoh program kreativitas yang ada di kategori teknologi sederhana ini. Banyak pula yang sudah menghasilkan produk-produk teknologi terbaik dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat maupun mahasiswa. Berikut adalah beberapa contoh program PKM Teknologi Sederhana yang dapat dijadikan sebagai referensi:

  • Atik Buma: Merupakan program yang diajukan oleh mahasiswa Politeknik Indramayu. Program ini menghasilkan teknologi berupa alat pemetik buah mangga.
  • Jaka Tarip: Program ini mengembangkan meja setrika putar lipat dimana alas setrika memiliki dua sisi yang bisa digunakan untuk melipat pakaian. Hasil produk teknologi ditujukan kepada bisnis laundry skala kecil dan menengah. Program ini merupakan karya dari mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
  • Magic Strirrer: Program pengembangan teknologi yang menghasilkan alat penghasil parfum alami. Program ini dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
  • Alpeko: Merupakan program pembuatan alat pasah pembuat keripik otomatis. Hasil produk teknologi digunakan untuk mengoptimalkan pemotongan keripik rajungan. Program ini merupakan hasil kreativitas dari mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro.
  • Instapres: Merupakan Integrated Stapler with Press System. Program ini menghasilkan inovasi alat untuk merangkai kardus makanan secara efektif dan efisien. Diajukan oleh mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia.

Itulah sekilas pembahasan mengenai pengertian, manfaat, serta contoh PKM Teknologi Sederhana. Program kreativitas ini diharapkan bisa terus berkembang dan menjadi wadah yang tepat bagi mahasiswa untuk terus berkreasi. Lewat program ini pula diharapkan kesejahteraan masyarakat di tanah air bisa terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.