Keberadaan KKN tentu sangat dinanti bagi para mahasiswa semester akhir sebagai tugas pelengkap. Beberapa contoh proker KKN individu juga bisa dilakukan dengan baik dan mudah. Jadi untuk bisa melaksanakannya biasanya mahasiswa akan bekerjasama dengan masyarakat setempat. Itulah kenapa pentingnya keberadaan proker KKN yang akan dilaksanakan.  Inilah beberapa pilihan contoh proker KKN yang biasanya dilaksanakan secara individu:

1. Turut Serta Pada Kegiatan Posyandu

Biasanya di desa terdapat kegiatan rutin bagi balita yaitu posyandu. Pada posyandu atau pos pelayanan terpadu ini memberikan pelayanan untuk anak balita dalam perkembangannya. Bagi mahasiswa yang sedang KKN bisa ikut andil untuk berkegiatan di Posyandu, seperti membantu petugas dalam persiapan dan sebagainya.

Kegiatan Posyandu ini salah satu kegiatan yang bisa diambil oleh individu untuk dilakukan dalam bidang kesehatan. Dimana peran para individu ini sangat penting untuk bisa mewujudkan kemudahan bagi kegiatan yang dilakukan tersebut. Itulah kenapa setiap mahasiswa KKN harus punya program individu, untuk bagian kesehatan,  turut serta dalam Posyandu bisa jadi pilihan terbaik.

2. Bergabung Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah

Contoh proker KKN individu lainnya yaitu dengan bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Biasanya jika di SD seringnya ekskul Pramuka, jika SMP atau SMA akan banyak kegiatan ekskul lainnya. Maka bisa memilih beberapa program terbaik yang ada dan bisa mengambil peran di dalamnya pada kegiatan ekstrakurikuler.

Ketika bergabung dan memahami seperti apa program ekstrakurikuler di sekolah yang ada pada tempat KKN. Maka mahasiswa bisa mengambil beberapa program yang ada untuk bisa dilaksanakan lebih baik lagi. Tentunya bantuan dari mahasiswa ini pasti akan memberikan peluang terbaik dalam kegiatan yang ada tersebut.

3. Ikut Bergabung di Kegiatan TPA Setempat

Untuk program individu lainnya yaitu dengan cara bergabung di kegiatan TPA setempat. Biasanya kegiatan TPA diadakan pada sore hari, dimana anak-anak akan belajar mengaji dan ilmu agama islam lainnya. Tidak harus seorang dengan kuliah agama yang bisa ikut membantu, jurusan kuliah lain juga bisa memasukkan program ini.

Pasalnya kegiatan TPA ini tak hanya belajar saja, bisa juga diisi dengan kegiatan menarik lainnya. Misalnya berkisah islami kemudian permainan dan sebagainya. Maka akan memberikan berbagai program menarik lainnya yang bisa diikuti oleh anak-anak. Jadi mahasiswa pun bisa lancar dalam membuat program kerja individu tersebut.

4. Membuka Program Pendampingan Anak

Selanjutnya adanya program pendampingan anak bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan psikolog. Yaitu dengan memberikan penyuluhan terlebih dahulu kepada para orangtua sekitar tentang program yang akan dilaksanakan ini. Contoh proker KKN individu tentang pendampingan anak ini maka akan memberikan kemudahan akses bagi semua masyarakat.

Dewasa ini anak-anak sangat membutuhkan pendampingan dengan baik agar anak-anak secara pergaulan lebih baik. Tentunya dengan program pendampingan ini maka banyak orangtua yang juga terbantu. Jadi anak-anak disekitar lingkungan KKN ini bisa menjadi individu yang lebih baik lagi.

5. Mengadakan Perlombaan Untuk Anak-Anak

Program individu lainnya yang bisa dilakukan saat KKN yaitu mengadakan lomba untuk anak-anak. Dimana lomba ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan keseruan untuk anak-anak. Bisa juga bekerjasama dengan program desa lainnya sehingga lebih efektif.

Oleh karena itu, program KKN yang individu ini bisa dipilih dan dilakukan dengan cara yang mudah. Tentunya akan menghasilkan keseruan dalam mengadakan perlombaan untuk anak-anak.

Beberapa contoh proker KKN individu ini sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat. Tentunya program ini juga bisa jadi laporan KKN sebagai syarat para mahasiswa untuk lulus KKN. Maka pastikan dan laksanakan program yang sudah direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *