Mahasiswa menjadi elemen terpenting dalam sebuah lingkup universitas sekaligus menjadi harapan bagi masa depan bangsa. Selain diwajibkan untuk belajar dan berdiskusi, mahasiswa juga harus melakukan sebuah penelitian di akhir masa belajarnya. Banyak mahasiswa merasa lelah dengan penelitian, tapi apa sebenarnya manfaat penelitian bagi mahasiswa?

Setiap kegiatan yang bersifat wajib di lingkup universitas memiliki kelebihan dan manfaatnya masing-masing terlepas dari sulit atau mudahnya. Termasuk di dalam penelitian yang menjadi syarat wajib kelulusan pada mayoritas universitas, ada tujuan tersendiri. Berikut ini beberapa pemikiran tentang manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dari penelitian:

1. Mengembangkan Bidang Keilmuan

Bagi seorang mahasiswa, belajar dari buku saja tidak pernah cukup mengingat sebentar lagi mahasiswa akan terjun langsung di kehidupan. Seorang mahasiswa dalam penelitiannya perlu melakukan telaah terlebih dahulu terkait topic penelitian melalui banyak referensi.

Setelah itu, mahasiswa akan dituntut untuk menemukan sebuah solusi sekaligus pemikiran ilmiah berkaitan hipotesis dari metode yang dipilih. Metode penelitian tadi harus diimplementasikan secara langsung menjadi sebuah aksi nyata untuk mendapatkan hasil dan nantinya dibahas.

2. Mengenal Lingkungan Mirip Seperti Dunia Kerja

Ketika di dunia kerja, seorang pekerja tidak akan bisa bersantai karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Penelitian yang didasarkan pada permasalahan tertentu akan membuat mahasiswa bisa berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat.

Selain itu, penelitian bisa menjadi bukti kecakapan dari mahasiswa serta bagaimana Ia mengimplementasikan keilmuannya. Jika penelitian dilakukan dengan sangat bagus, perusahaan besar bahkan bisa tertarik sebelum mengalami kelulusan.

3. Belajar Mempertahankan Ide

Manfaat penelitian bagi mahasiswa selanjutnya yaitu mempertahankan ide yang sudah muncul di kepala diperkuat dengan literatur. Penelitian di tingkat mahasiswa tidak hanya tentang selesai saja, ada proses seperti seminar proposal hingga sidang. Di kesempatan tersebut biasanya dosen pembimbing atau penguji akan mencoba meminta tanggung jawab dari penulisnya.

Seorang mahasiswa nantinya dalam menjawab dituntut untuk memberi jawaban khas seorang pelajar yang berdasar pada referensi tertentu. Jika tidak ada referensi, maka mahasiswa harus bisa menguasai alasan dan jawaban konkrit dari ide yang sudah dipertanyakan.

4. Berpikir Kritis

Meskipun berada di umur yang sama, kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis tidaklah sama rata. Selalu ada peningkatan kemampuan berpikir kritis ketika mahasiswa melakukan sebuah penelitian karena ide harus dirumuskan secara sistematis dan mendalam.

Sebuah penelitian tidak boleh dilakukan secara asal jadi harus ada rumusan permasalahan yang benar-benar layak diteliti. Di posisi inilah nantinya mahasiswa akan menghadapi berbagai pertanyaan dan pertimbangan dalam pengambilan topik penelitian. Di posisi menentukan topik inilah nantinya mahasiswa akan dipaksa untuk berpikir kritis.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebuah penelitian bisa dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri terutama ketika menyampaikan ide di depan penguji atau pembimbing. Setiap mahasiswa diwajibkan melakukan presentasi dan menyampaikan gagasannya dihadapan pembimbing. Ini tentu bukan hal mudah apalagi untuk orang dengan tingkat kepercayaan diri rendah.

Tingkat kepercayaan diri nantinya juga akan mempengaruhi bagaimana seseorang menyajikan presentasi idenya. Akan ada ujian baik sidang atau seminar yang nanti memaksa mahasiswa untuk punya kepercayaan diri dalam menyajikan ide. Mahasiswa juga dituntut untuk percaya diri sehingga bisa memberikan argumen-argumen menarik berkaitan dengan pertanyaan yang diberi.

Meskipun dalam prosesnya penelitian akan terasa melelahkan, tetapi ada banyak manfaat penelitian bagi mahasiswa sebenarnya. Manfaat ini baru akan terasa ketika penelitian sudah selesai dan mahasiswa dihadapkan dengan masalah di bidang pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *