Perkembangan sektor ekonomi menyumbang dampak positif yang baik bagi perseorangan hingga negara. Pembaca tentu pernah menemukan istilah ekonomi kerakyatan pada bacaan atau mata pelajaran di sekolah. Akan tetapi, sedikit sekali pemahaman yang akan diterima ketika mempelajarinya hanya sekilas. Informasi seputar pengertian ekonomi kerakyatan serta sasarannya patut disimak, sebagaimana penjelasan berikut:

Apa Itu Ekonomi Kerakyatan?

Aktivitas ekonomi yang dikembangkan oleh rakyat dan memfokuskan pada keadilan untuk rakyat itu sendiri dikenal dengan sebutan ekonomi kerakyatan. Pada beberapa referensi yang ada, pengertian ekonomi kerakyatan dapat disampaikan dengan bahasa yang berbeda. Agar lebih mengerti, pembaca cukup memahami bilamana poin penting pada sistem perekonomian tersebut terletak pada kedaulatan rakyat.

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk membangun dan mengembangkan bisnis sesuai potensi yang dimiliki. Sebab, nilai keadilan inilah yang menjadi fokus utama pada penyelenggaraan ekonomi kerakyatan. Semakin berkembang pesat usaha yang dijalankan tentunya akan berdampak positif bagi perjalanan bisnis dan mampu menyumbang dalam upaya peningkatan ekonomi di Indonesia.

Sasaran yang Ingin Dicapai

Upaya memahami pengertian ekonomi kerakyatan juga akan semakin rinci bila pembaca mengetahui sasaran di dalamnya. Sebab, sistem ekonomi ini tidak berjalan dengan sendirinya tanpa ada keinginan yang hendak dicapai. Berikut ini merupakan penjabaran dari 5 sasaran utama yang mampu menjadi dorongan pada pelaksanaan ekonomi kerakyatan di Indonesia:

1. Kebebasan Membentuk Serikat Ekonomi

Ditetapkannya sistem ekonomi kerakyatan mempunyai sasaran yang besar untuk menciptakan keadilan. Di mana rakyat memiliki hak yang sama dalam membentuk serikat ekonomi sendiri maupun bergabung pada lembaga yang diinginkan. Adapun hubungan pekerjaan yang tercipta bukanlah buruh dan majikan, melainkan berupa kemitraan.

2. Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Salah satu contoh penerapan ekonomi kerakyatan dapat terlihat dari berkembangnya bisnis UMKM yang terdapat di masyarakat. Semakin berkembang pesat bisnis yang dijalankan, tidak menutup kemungkinan dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Inilah yang kemudian menjadi sasaran utama dilaksanakannya sistem ekonomi kerakyatan.

3. Mengupayakan Pendidikan Gratis

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang patut ditegakkan dalam suatu negara. Peran aktif masyarakat dalam melaksanakan sistem ekonomi kerakyatan juga akan sangat bermanfaat pada bidang pendidikan. Secara tidak langsung, melalui sistem pajak yang diterapkan pada setiap badan usaha akan memberikan sumbangan yang besar dalam mengupayakan pendidikan gratis bagi yang membutuhkan.

4. Tersalurkannya Modal Untuk Rakyat

Sebagaimana yang telah diketahui, era pandemi membawa dampak yang sangat terasa dalam penurunan bidang ekonomi. Salah satunya terlihat dari banyaknya karyawan yang harus rela diberhentikan dari lembaga atau perusahaan tempat bekerja. Sehingga, bisnis yang dibangun secara mandiri akan banyak membantu dalam menstabilkan perekonomian kembali.

Guna mendukung upaya tersebut, pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada pemilik UMKM berupa modal usaha. Tentunya pebisnis harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, termasuk dalam mengembangkan usaha yang dijalankan semaksimal mungkin. Dengan demikian, rakyat tidak perlu ragu untuk mengembangkan usaha secara mandiri.

5. Terciptanya Jaminan Sosial Untuk Orang yang Membutuhkan

Selain pada bidang pendidikan, pelaksanaan sistem perekonomian ini mempunyai sasaran lain yang tidak kalah penting. Diantaranya upaya pemerintah dalam menciptakan jaminan sosial bagi orang-orang yang pantas menerimanya. Seperti fakir miskin dan anak terlantar yang juga berhak memperoleh jaminan kesehatan dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian ekonomi kerakyatan serta sasarannya sebagai tambahan wawasan bagi pembaca. Pada lingkungan sekitar, ada banyak sekali contoh penerapan sistem ekonomi yang dapat disebutkan. Misalnya didirikannya pasar tradisional, bisnis UMKM, dan koperasi dengan tujuan utama guna mensejahterakan rakyat atau anggota yang berpartisipasi di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *