PKM menjadi salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti oleh mahasiswa di tengah masa studinya. Program Kreativitas Mahasiswa ini dibagi menjadi beberapa kategori dan salah satunya adalah PKM Kewirausahaan. Ada banyak contoh PKM Kewirausahaan yang bisa ditemukan dan dapat dijadikan sebagai referensi. Kali ini akan dibahas lebih jauh tentang pengertian juga tujuan PKM Kewirausahaan beserta contohnya.

Pengertian

Mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan PKM Kewirausahaan. PKM itu sendiri merupakan Program Kreativitas Mahasiswa yang digelar oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kegiatan ini menjadi ajang bagi mahasiswa dalam menggali isu-isu menarik di masyarakat dan diteliti lebih dalam untuk menghasilkan manfaat.

PKM Kewirausahaan merupakan program kreativitas dari mahasiswa yang akan membahas topik kewirausahaan di tengah masyarakat. Hasil realisasi dari proposal PKM nanti bisa beragam mulai dari pembentukan usaha maupun pengembangan usaha yang sudah ada. Bidang usaha yang bisa digali juga sangat beragam mulai dari kerajinan, pertanian, jual beli jasa, dan masih banyak lagi.

Bidang wirausaha memang dijadikan sebagai salah satu andalan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di tanah air. Diharapkan program PKM ini bisa membantu memperlancar masyarakat dalam mengembangkan usaha yang sudah dijalankan. Berbagai masalah yang berkaitan dengan jalannya usaha masyarakat juga diharapkan bisa menemui solusi lewat program PKM.

Tujuan

Setiap topik PKM memiliki tujuan masing-masing. Sebelum melihat contoh PKM Kewirausahaan yang berpotensi lolos, pahami dulu apa tujuan dari PKM itu sendiri. Berikut adalah beberapa tujuan dari PKM Kewirausahaan:

  • Menggali potensi kewirausahaan yang ada di masyarakat
  • Menemukan solusi terhadap berbagai masalah kewirausahaan
  • Menemukan potensi komoditas usaha yang bisa menghasilkan profit
  • Menciptakan bidang kewirausahaan baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Merintis bidang kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

Jenis PKM Kewirausahaan ini tentu bisa mendatangkan keuntungan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat. Jika proposal PKM lolos dan mendapatkan dana maka mahasiswa bisa menjalankan rencana wirausaha. Pembukaan lapangan kerja pun bisa diwujudkan jika usaha tersebut mendapatkan dana dan bisa berjalan baik.

Contoh Program

Begitu banyak program PKM yang bisa diangkat menjadi judul. Temukan dulu potensi-potensi menarik yang mungkin bisa dikembangkan sebagai usaha di tengah masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh program PKM Kewirausahaan yang telah lolos seleksi PIMNAS dan bisa dijadikan sebagai referensi:

  • NEVAIR TONIC: Ini merupakan program Banana Weevil Hair Tonic untuk mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe. Judul PKM ini diajukan oleh mahasiswa asal Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2020.
  • SMART-SHOES: Program sepatu kesehatan dengan motif kebudayaan yang multiguna dan mengusung kesan futuristik. Dikembangkan juga oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta di tahun 2020.
  • OICORA: Program waste cooking oil crayon yaitu inovasi krayon yang terbuat dari minyak jelantah. Program ini diajukan oleh mahasiswa Universitas Diponegoro pada tahun 2019.
  • TALI KARSA: Program tas limbah dari kain perca dan serabut kelapa. Program ini diajukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo pada tahun 2019.
  • MORIFA: Program inovasi ekstrak Moringa oleifera yang diolah menjadi hand sanitizer praktis dan ekonomis. Program ini diajukan oleh mahasiswa asal Universitas Diponegoro pada tahun 2019.

PKM Kewirausahaan menjadi salah satu ajang bagi mahasiswa untuk belajar mengembangkan diri di bidang usaha. Contoh PKM Kewirausahaan yang disebutkan di sini bisa dijadikan referensi dan perlu pengembangan lebih jauh lagi. Temukan hal-hal menarik di lingkungan sekitar yang berpotensi dijadikan komoditas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *