Wacana tentang kebijakan ekonomi rakyat telah lama mencuat dan diperbincangkan di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Tahukah, apa sebenarnya kebijakan ekonomi berbasis rakyat ini? Lalu apa saja peranan ekonomi rakyat dalam pemulihan ekonomi nasional? Sebaiknya simak ulasan berikut ini dengan seksama,  untuk memperoleh segala macam informasi yang disajikan tentangnya!

Pengertian Kebijakan Ekonomi Berbasis Rakyat 

Gagasan mengenai ekonomi berbasis rakyat ini sendiri pertama kali diperdengarkan  oleh salah satu pendiri bangsa ini, Moh. Hatta. Yakni berupa sebuah konsep kebijakan yang menjadikan rakyat sebagai elemen utama atau fokus dari penerapan setiap kebijakannya. Oleh karena itu, karakteristik utamanya adalah pengoptimalan potensi rakyat dalam pemertahanan ekonominya secara mandiri. 

Berbagai Peranan Ekonomi Rakyat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional  

Penerapan kebijakan ekonomi rakyat ini sebenarnya diharapkan akan dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bangsa ini. Khususnya dalam hal penyelesaian berbagai indikator yang menjadi tonggak masalah ekonomi nasional, seperti: 

1. Mengurangi Angka Pengangguran 

Pertama, salah satu sasaran yang menjadi poin penting dalam penerapan kebijakan ekonomi rakyat adalah tersedianya lapangan pekerjaan memadai bagi setiap warga negara. Seperti yang diketahui bersama bahwa sekarang ini angka pengangguran di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Apalagi untuk lulusan baru yang setiap tahun meningkat dan tidak bisa dibendung jumlahnya. 

Lantas kemudian ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia untuk menerapkan langkah-langkah seperti halnya kebijakan ekonomi berbasis rakyat ini. Pengoptimalan tersedianya lapangan kerja baru dalam banyak sektor akan membantu menyerap tenaga kerja yang jumlahnya ribuan dan mengurangi pengangguran. Pastinya, hal ini akan memberi peranan nyata pada pulihnya perekonomian secara nasional. 

2. Menjamin Kelangsungan Hidup Rakyat 

Selanjutnya, penerapan kebijakan ini juga diharapkan dapat berperan dalam menjamin kelangsungan hidup rakyat khususnya dalam  menghadapi berbagai kondisi krisis yang terjadi. Pemerintah dalam hal ini mengupayakan tindakan-tindakan untuk memberi bantuan baik langsung maupun tidak langsung. Karena jaminan sosial masyarakat menjadi salah satu hal yang disasar oleh kebijakan ekonomi solutif ini. 

3. Meningkatkan Daya Usaha Masyarakat 

Ketiga, penerapan kebijakan ekonomi rakyat juga diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan daya usaha masyarakat. Ini menjadi salah satu sasaran penting yang dicanangkan yakni terkait penyediaan modal usaha. Tentunya, setelah masyarakat memiliki modal baik materiil maupun immateriil maka daya usaha meningkat dan besar kemungkinan akan memicu laju pergerakan pemulihan ekonomi nasional. 

4. Menumbuhkan Sumber Daya Manusia Berkualitas 

Berikutnya, dalam bidang pendidikan juga dijadikan perhatian utama penerapan kebijakan ekonomi berbasis rakyat ini. Tidak lain karena pendidikan merupakan pintu utama untuk menyiapkan generasi unggulan dengan berbagai kemampuan.  

Diharapkan, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia ini maka akan berperan dalam membantu pemerintah menangani permasalahan ketidakstabilan ekonomi yang terjadi sekarang ini. 

5. Mengoptimalkan Potensi Ekonomi Rakyat 

Terakhir, namun terpenting yang menjadi peranan ekonomi rakyat dalam pemulihan ekonomi nasional adalah kebebasan berserikat. Seperti yang diketahui, kebijakan ini memungkinkan rakyat untuk mewujudkan perserikatan ekonomi mandiri. Secara tidak langsung, akan membantu rakyat menggali potensi lokal dan mengembangkannya hingga akhirnya bisa berdampak positif pada perbaikan kondisi ekonomi di tingkat nasional.

Nah, demikianlah tadi sejumlah informasi yang dapat dirangkum mengenai poin peranan ekonomi rakyat dalam pemulihan ekonomi nasional. Memang, sebagai pengampu negara yang kompleks membuat pemerintah terus berusaha dalam mencoba strategi paling relevan. Seperti penerapan kebijakan ekonomi rakyat ini, yang tinggal didukung dan diawasi dalam penerapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *