Pengabdian masyarakat menjadi salah satu program perkuliahan yang wajib diikuti oleh mahasiswa terlebih semester akhir. Di era pandemic ini, kegiatan pengabdian masyarakat juga dilakukan secara online. Hal tersebut dikarenakan agar penyebaran covid bisa segera diatasi tanpa menghilangkan program kuliah ini. nah, bagi mahasiswa yang hendak melakukan pengabdian masyarakat ini, ada banyak contoh pengabdian masyarakat online yang bisa dijadikan gambaran.

Ketika telah memiliki gambaran dan juga program saat melakukan pengabdian masyarakat, tentunya akan lebih terarah. Bahkan tidak hanya itu saja, pelaksanaan yang dilakukan mahasiswa akan lebih lancar dan juga berjalan sukses. Nah, untuk lebih lanjut mengenai hal ini, simak ulasannya berikut!

1. Mengembangkan ILmu Secara Online

Mahasiswa tingkat akhir tentunya memiliki sebuah ilmu maupun keterampilan yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan masyarakat dengan pendidikan standar. Di era pandemic ini yang mengharuskan mengurangi tatap muka atau saling bersosialisasi menjadikan mahasiswa harus benar-benar berpikir kreatif.

Ketika dituntut untuk bisa menjadikan penggerak generasi muda, bisa dengan mengembangkan hasil pendidikan yang telah ditempuhnya. Hasil pengembangan pendidikan tersebut bisa dibuat sebuah video yang nantinya bisa disebarluaskan kepada masyarakat.

2. Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Antar Personal

Perlu diketahui bahwa dalam setiap masyarakat tentu memiliki sebuah permasalahanya sendiri. Bahkan masyarakat yang memiliki ketidakmampuan dalam pembangunan dalam kehidupan  termasuk memiliki jumlah yang relatif banyak. Contoh pengabdian masyarakat online yang bisa dilakukan yaitu dengan menciptakan sebuah desa binaan yang mana mampu menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Program yang satu ini bisa dilakukan secara online dengan melakukan virtual. Virtual yang dilakukan bisa melalui sebuah grup masyarakat. Untuk binaan yang dilakukan bisa dengan sesi Tanya jawab atau metode lain yang sekiranya kondusif.

3. Sosialisasi Pembinaan Usaha Mikro Kecil Maupun Menengah

Bagi masyarakat pedesaan, persentase memiliki usaha terbilang lebih rendah. Hal ini menjadikan taraf ekonomi terbilang masih lemah. Mengadakan sosialisasi untuk pembinaan usaha mikro ini bisa dengan meminta data kepada kantor kelurahan setempat. Dengan adanya data tersebut bisa dijadikan patokan untuk melakukan sosialisasi mengenai pembinaan usaha ini.

Sosialisasi yang dilakukan bisa meliputi cara pengemabangan usaha, atau bahkan mencari permodalan. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara online akan menjadikan gambaran bagi seorang pengusaha.  Bahkan tidak hanya itu saja,seorang yang belum memiliki gambaran untuk melakukan usaha tentu bisa menjadi langkah awal untuk melangkah.

4. Pengarahan Pengembanagan Unggulan Daerah

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap daerah tentu memiliki sebuah keunggulan dibandingkan dengan daerah yang lain. Untuk unggal ini sendiri bisa meliputi usaha yang dilakukan, tempat, atau produk yang lainnya.  Hal ini tentunya disesuaikan dengan potensi desa yang dimiliki. Pastikan untuk jeli melihat apa saja keunggulan yang dimiliki daerah tersebut.

Ketika telah menemukan apa yang menjadi sasaran keunggulan dari daerah tersebut, disampaikan kepada masyarakat mengenai gambaran yang akan dilakukan. Hal ini tentunya butuh urunan tangan dan konspirasi dari masyarakat setempat. Ketika melakukan pengarahan pengemabnagn iin tentu bisa dengan mudah dilakukan secara online.

5. Pelayanan Pemerintahan Secara Daring

Di era teknologi sekarang ini, sistem pemerintahan bisa dapat dengan mudah dilakukan secara online. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemerintahan, bisa memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh mahasiswa tersebut.

Pelayanan yang dilakukan tentunya tidak hanya meliputi pemerintahan saja, banyak pula spek yang bisa dilakukan. Hal in memandikan pengetahuan mahasiswa harus mumpuni untuk melek teknologi.

Berbagai contoh pengabdian masyarakat online ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Terlebih di daerah pedesaan, banyak dari mereka yang minim pengetahuan. Hal ini menjadikan daerah tersebut kurang maju, dibalik itu semua, peranan mahasiswa terbilang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *