Melakukan pengabdian di sebuah daerah memang memerlukan kesehatan mental dan fisik yang bagus. Hal tersebut dikarenakan seorang mahasiswa untuk sementara tinggal di daerah tersebut. Sembari tinggal di daerah KKN juga ada beberapa pertanyaan wawancara kepala desa KKN yang dapat diajukan. Dimana pertanyaan ini tentu terkait dengan desa tersebut.

Mengapa Melakukan Wawancara dengan Kepala Desa?

Melakukan kegiatan wawancara untuk kebutuhan KKN memang wajib untuk dilakukan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk beradaptasi dengan lokasi tempat mahasiswa untuk mengabdi. Bukan hanya itu saja, beberapa alasan mahasiswa melakukan wawancara akan dipaparkan pada pembahasan berikut ini:

1. Bentuk Sosialisasi dengan Perangkat Desa

Seseorang melakukan wawancara utamanya mahasiswa memiliki beberapa tujuan. Salah satunya sebagai bentuk sosialisasi dengan perangkat desa tempat untuk mengabdi. Memang sosialisasi memiliki peran penting untuk mengenal lebih jauh terkait kinerja perangkat desa. Selain itu, dengan melakukan sosialisasi, mahasiswa melakukan izin untuk mengabdi di desa yang dituju.

2. Untuk Mengetahui Kondisi Desa

Melakukan wawancara, tentu disertai dengan beberapa pertanyaan terkait dengan desa tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi sehari-hari yang dilakukan masyarakat di desa tersebut. Sehingga nantinya mahasiswa dapat menyesuaikan pada saat membuat program kerja. Karena program kerja yang dibuat harus memberi manfaat kepada masyarakat.

3. Mengetahui Kebutuhan Masyarakat

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa seorang mahasiswa yang melakukan wawancara dengan kepala desa untuk mengetahui kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, mahasiswa dapat dengan mudah menyusun program kerja yang akan dilakukan di desa tersebut. Selain itu, program kerja tersebut diharapkan dapat melengkapi kebutuhan masyarakat yang dianggap kurang.

4. Untuk Mengetahui Aktivitas Masyarakat

Di samping mengetahui tentang kebutuhan apa saja yang dibutuhkan masyarakat, mahasiswa juga harus mengetahui aktivitas yang dilakukan. Apabila aktivitas masyarakat di desa tersebut berkebun atau bertani, mahasiswa dapat berpartisipasi untuk membantu. Selain itu, mahasiswa juga dapat berkenalan atau berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar.

Daftar Pertanyaan Wawancara Kepala Desa KKN

Pada saat melakukan kegiatan wawancara dengan kepala desa, tentu tidak lepas dengan adanya pertanyaan yang akan diajukan. Maka dari itu, mahasiswa harus menyiapkan beberapa daftar pertanyaan tersebut sehingga nantinya lebih mudah melakukan wawancara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan ulasan lengkap terkait pertanyaan wawancara kepala desa KKN:

1. Menanyakan Nama dan Jumlah Penduduk di Desa KKN

Pertanyaan yang sangat wajib untuk ditanyakan mahasiswa adalah nama dari kepala desa tersebut. Sehingga nantinya dapat dengan mudah untuk mengingat dan melampirkan pada laporan KKN. Selain itu, tidak lupa untuk menanyakan terkait jumlah penduduk yang tinggal di desa tersebut. Memang data-data ini bersifat umum namun sangat diperlukan nantinya.

2. Pertanyaan Terkait Permasalahan Desa KKN

Pertanyaan yang dapat diajukan apabila melakukan wawancara dengan kepala desa terkait dengan permasalahan apa yang sering dialami. Apabila permasalahan yang dihadapi masyarakat belum memiliki solusi, di sinilah mahasiswa memiliki peran. Dimana mahasiswa dapat memikirkan terkait solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Pertanyaan Terkait Pekerjaan Masyarakat

Nah, pertanyaan wawancara kepala desa KKN dapat menanyakan terkait pekerjaan sehari-hari masyarakat. Dengan tujuan untuk mengetahui bahwa masyarakat di desa tersebut memiliki keseharian bekerja di sektor pertanian atau lainnya. Sehingga mahasiswa memiliki inisiatif untuk membantu masyarakat sekitar dalam melakukan kegiatan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan lengkap terkait tujuan melakukan wawancara dengan kepala desa di tempat KKN. Namun sebelum melakukan wawancara sebaiknya mempersiapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan nantinya. Dengan tujuan agar pada saat melakukan wawancara dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *