Pembelajaran hybrid learning memiliki sejumlah kelebihan dalam penerapannya. Kelebihan-kelebihan inilah yang kemudian banyak dijadikan alasan mengapa pembelajaran ini diterapkan di Indonesia dengan kondisi seperti sekarang.

Meski sebagian wilayah di negara ini telah banyak menerapkan model pembelajaran ini, banyak yang masih meremehkan penerapannya. Hal ini lantaran ada kekurangan dari pembelajaran model ini.

Akan tetapi, keadaan yang sekarang dirasa menjadi solusi yang tepat untuk menerapkan pembelajaran model ini. Resiko yang ditimbulkan un dapat diminimalisir dengan menerapkannya. Sedangkan untuk kedepannya, bisa dikaji lebih dalam lagi. Lantas, apa saja kelebihan sistem ini? Berikut ulasannya:

1. Materi dengan Akses Mudah

Materi pembelajaran yang diperoleh jika menerapkan model ini tidak akan terbatas di jam sekolah tertentu. Sebab, materi biasanya diberikan oleh pengajar dan disediakan untuk bisa diakses kapanpun serta memanfaatkannya dengan baik. Siswa dapat mengakses materi dengan mudah tanpa harus bingung mencatat materinya di sekolah yang belum tentu lengkap. Siswa dapat mengakses materinya dengan mudah serta tidak bergantung pada lokasinya saat itu.

2. Anak Semakin Mandiri

Dengan menerapkan sistem hybrid learning ini, maka kemandirian siswa akan terasah dengan baik. Seorang siswa akan terbiasa untuk mencari bahan ajarnya sendiri, tanpa tergantung dengan pengajarnya. Bahkan, siswa dapat memanfaatkan teknologi yang ada disekitarnya.  Siswa juga dapat mengembangkan gaya belajarnya sendiri dengan lebih baik. Misalnya dengan memilih media pembelajaran yang menurutnya mudah dimengerti berupa video, buku, ataupun gambar.

3. Kefleksibelan Tempat Belajar

Pembelajaran hybrid learning juga memberikan manfaat berupa tempat belajar yang fleksibel. Siswa tidak perlu repot datang ke sekolah untuk belajar setiap hari. Memanfaatkan rumah sebagai tempat belajar ataupun lokasi-lokasi lain menjadi salah satu keuntungannya.

4. Ruang dan Waktu Tidak Terikat

Akses pembelajaran serta materi dalam model ini dapat dikatakan tidak terikat ruang dan waktu. Hal ini terjadi karena adanya peran teknologi di dalamnya. Akses materi misalnya, dapat dilakukan di mana pun lokasinya dan kapanpun waktunya. Tentu saja, siswa dapat memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan sebaik mungkin. Siswa juga dapat melakukan kegiatan belajar di mana pun lokasinya, tanpa harus datang jauh-jauh ke suatu lokasi setiap hari.

5. Banyak Interaksi Sosial

Keuntungan lain yang didapatkan dengan menerapkan sistem hybrid learning yakni waktu bersosialisasi juga tersedia banyak. Seorang anak dapat melakukan interaksi sosial dengan teman-temannya tanpa harus terikat datang ke sekolah setiap hari. Bahkan, interaksi yang terjadi juga dapat dijalin dengan gurunya secara lebih akrab lagi.

6. Biaya yang Hemat

Biaya yang dikeluarkan jika menerapkan model pembelajaran ini juga akan hemat baik itu dari pihak sekolah maupun orang tuanya. Bagi orang tua, tidak ada biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk anaknya berangkat sekolah. Sedangkan bagi sekolah, biaya operasional pun juga akan berkurang.

7. Pemanfaatan Teknologi Tak Terbatas

Adapun hal lain yang memberikan keuntungan dengan penerapan sistem ini yakni penggunaan teknologi yang tidak terbatas. Artinya, siswa dapat memanfaatkan teknologi yang tersedia sebaik mungkin untuk menunjang proses belajarnya. Perlu diperhatikan pula untuk tetap adanya pantauan dari orang tua agar anak tidak kebablasan dalam mengakses teknologi.

8. Tidak Bergantung Pada Guru

Kelebihan lain pada penerapan sistem ini yakni siswa menjadi tidak bergantung pada guru atau pengajar. Guru pun akan memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarganya misalnya. Anak juga akan berlatih untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.Nah, itulah kelebihan-kelebihan dari pembelajaran hybrid learning. Sebenarnya, ada pula kekurangan dari penerapan sistem. Namun, untuk pembahasan kali ini lebih dibahas mengenai kelebihan yang didapatkan dari pembelajaran model ini. Mengingat, kondisi yang sekarang pembelajaran model ini dirasa menjadi solusi yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.