Metode merupakan serangkaian cara integratif yang dipergunakan oleh manusia untuk memperoleh tujuan tertentu, misal pada pelaksanaan penelitian karya ilmiah. Contoh metode penelitian karya ilmiah ini sangat banyak jenisnya, tergantung pada jenis penelitian serta situasi dan kondisi lain yang menjadi pertimbangan. Agar tidak penasaran, maka sebaiknya perhatikan contoh metode berikut ini!

1. Wawancara 

Pertama,  ada contoh metode penelitian yang biasa dikenal dengan nama wawancara. Yakni sebuah cara untuk mengulik dan mendalami data dengan menanyakan poin-poin pertanyaan pada narasumber baik yang terstruktur maupun spontan. Lazimnya metode jenis ini dipakai untuk contoh penelitian dalam bidang ilmu sosial seperti dampak fenomena ekonomi pada kehidupan masyarakat dan semacamnya. 

3. Survey 

Sebenarnya, inti dari contoh metode dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang pengaruh sebuah fenomena pada objek dengan alat angket atau kuesioner sederhana. Banyak dipakai dalam pelbagai penelitian bidang sosial yang menerapkan jenis kualitatif. Semisal pemberian kuesioner di pantai dalam memahami karakteristik pelancong yang berkunjung untuk tujuan pengembangan wisata. 

3. Model Penjabaran

Contoh metode penelitian karya ilmiah yang ketiga ini biasanya dipergunakan untuk jenis-jenis penelitian yang kualitatif. Seperti namanya, cara kerja dari penelitian ini adalah dengan mendeskripsikan atau menarasikan sebuah fenomena yang ada pada penelitian. Biasanya pada penelitian bidang ilmu sosial seperti penelitian tentang fenomena Folklore, sejarah kesenian rakyat, dan lain sebagainya. 

4. Eksperimental

Tipe contoh metode yang keempat ini lebih menekankan pada hal-hal substitutif yang mungkin memberi pengaruh pada sebuah objek kajian. Terdapat dua jenis metode ini yang sering dipergunakan. Yaitu laboratorium untuk pengujian objek dengan memakai alat-alat tertentu, serta eksperimental lapangan yang memanfaatkan alam nyata untuk pengujian berbagai macam kemungkinan adanya variabel secara langsung.

5. Etnografi 

Kelima ada contoh metode etnografi yang seperti namanya, biasa dipakai untuk mempelajari fenomena kebudayaan tertentu yang telah mengakar kuat di masyarakat. Ketika menggunakan contoh metode ini lazimnya peneliti melakukan  pendalaman budaya dalam waktu tertentu. Perlunya untuk memahami adanya pengaruh kultural dan memperoleh temuan-temuan faktual yang dicatat runut hari ke hari. 

6. Observasi  

Berikutnya ada contoh metode bernama observasi yang biasa dipakai untuk pengamatan fenomena pada objek tertentu. Baik dilakukan secara tertutup maupun terbuka tergantung dengan situasi/ kondisi yang terjadi. Bila observasi tertutup maka objek dari penelitian tidak menyadari sedang diteliti, namun apabila observasi terbuka, objek menyadari betul bahwa dirinya tengah diambil datanya. 

7. Longitudinal 

Karakteristik utama yang terdapat pada contoh metode ini adalah melakukan pengujian pada objek sama dalam waktu berbeda. Semisal dipergunakan untuk menganalisis karakter seseorang atau sekelompok orang dalam dua waktu berbeda. Yakni misal penelitian pertama sekarang, maka agar datanya sempurna peneliti harus melakukan penelitian lagi 5 atau 10 tahun mendatang dengan objek sama. 

8. Studi Kasus 

Terakhir, namun sangat sering dipergunakan dalam penelitian ini memerlukan objek spesifik dengan data yang terperinci. Secara sederhana, contoh metode penelitian ini sering dianggap serupa dengan etnografi yang memerlukan wawancara partisipatif dan keterlibatan langsung. Hanya saja objek penelitiannya adalah masalah-masalah terbaru yang perlu perhatian khusus seperti contohnya pengujian pengaruh game pada kehidupan. 

Nah, itulah tadi sejumlah contoh metode penelitian karya ilmiah yang biasa digunakan oleh banyak akademisi. Terkait dengan penerapannya, maka harus disesuaikan dengan jenis penelitian dan sasaran yang ingin diteliti. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan kegiatan penelitian ilmiah terbaru untuk mengkaji hal-hal penting di luar sana, yang bermanfaat untuk kepentingan manusia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *