Tak bisa dipungkiri bahwa berwisata atau pergi untuk liburan tujuan utamanya adalah untuk refreshing dan menghilangkan kejenuhan setelah lelah menjalani aktivitas rutin. Tetapi, wisata juga dapat menambah wawasan. Apalagi jika mengunjungi wisata edukasi di Karawang yang menawarkan banyak pilihan. Sejumlah lokasi wisata di wilayah yang terkenal dengan industrinya ini sangat menarik dan wajib dikunjungi bagi yang ingin liburan sambil belajar. Inilah beberapa destinasi edukasi yang ada di Karawang:

1. Candi Jiwa

Sudah tidak aneh lagi jika Candi bisa dijadikan sebagai destinasi edukasi, tak terkecuali Candi Jiwa yang ada di Karawang. Seperti diketahui, candi ini merupakan bangunan tua yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Oleh karena itu, Candi Jiwa sering menjadi objek penelitian sekaligus destinasi wisata.

Candi ini adalah bukti sejarah yang menunjukan adanya kehidupan umat manusia beragama Budha. Pada zaman dahulu, candi dianggap sebagai simbol keagungan yang juga digunakan untuk menyembah para Budha. Bagi yang ingin berkunjung ke destinasi ini sebaiknya dilakukan pada sore hari karena sinar matahari akan terasa sangat terik di siang hari.

2. Kampung Wisata

Wisata edukasi di Karawang berikutnya yaitu Kampung Wisata yang berada tak jauh dari kawasan Curug Cigentis. Jika berkunjung ke Candi Jiwa akan menambah ilmu sejarah, wisatawan yang datang ke Kampung Wisata bisa mempelajari kebudayaan lokal. 

Destinasi ini dinamakan Kampung karena terdapat sejumlah rumah adat yang sekilas terlihat seperti sebuah perkampungan. Rumah adat tersebut menyerupai rumah masyarakat adat asli Karawang. Namun saat ini masyarakat adat cukup sulit ditemukan di Karawang karena kehidupannya telah beralih ke era modernisasi.

3. Monumen Kebulatan Tekad

Selain sebagai wilayah dengan sektor industri terluas, Karawang juga dikenal dengan peristiwa Rengasdengklok menjelang detik-detik kemerdekaan. Untuk memperingati peristiwa tersebut, dibangun Monumen Kebulatan Tekad yang berada di Kecamatan Rengasdengklok. Destinasi ini sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga dan anak sekolah.

Bagi anak sekolah yang telah mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia pasti akan sangat tertarik untuk melihat langsung monumen bersejarah ini. Selain itu, Monumen Kebulatan Tekad juga bisa dijadikan sebagai tujuan study tour sekolah sehingga siswa akan semakin tertarik untuk mempelajari sejarah.

4. Agro Kartika Jaya

Destinasi edukasi yang satu ini memiliki konsep yang cukup unik dan berbeda dengan destinasi lainnya. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan antara konsep wisata alam dan wisata edukasi. Dengan begitu, wisatawan bisa mempelajari ilmu terkait dengan pertanian seperti bercocok tanam, memupuk dan memanen tanaman.

Selain itu, wisatawan juga bisa menambah wawasan mengenai berbagai macam jenis tanaman dan fungsinya. Agro Kartika Jaya juga memiliki akses transportasi yang cukup mudah sehingga wisatawan yang sama sekali belum pernah mengunjunginya tak akan sulit menemukan destinasi ini. Lebih tepatnya, destinasi ini berada sekitar 2 kilometer dari pintu keluar tol Karawang.

5. Monumen Rawa Gede

Satu lagi destinasi edukasi di Karawang yang akan menambah wawasan para wisatawan sambil berlibur. Destinasi ini yaitu Monumen Rawa Gede yang merupakan salah satu bukti nyata zaman penjajahan Belanda. Lebih tepatnya, monumen ini dibangun untuk mengenang ribuan warga yang tewas dibantai tentara Belanda pada masa penjajahan. Jadi, selain sebagai sebuah monumen tempat ini juga bisa disebut sebagai taman makam pahlawan.

Untuk bisa mengunjungi destinasi ini juga cukup mudah karena lokasinya berada persis di pinggir jalan. Selain bisa diakses menggunakan transportasi pribadi, destinasi ini juga bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum.

Itulah 5 wisata edukasi di Karawang yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan keluarga ataupun study tour bersama rombongan sekolah. Dengan mengunjungi kelima destinasi tersebut, maka bukan hanya perasaan bahagia saja yang didapat tetapi juga bisa mempelajari hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *