Contoh PKM Penelitian Pendidikan Terbaru 2021

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi salah satu ajang paling bergengsi di ranah mahasiswa S1 seluruh Indonesia. Ada lima bidang utama dalam PKM itu sendiri salah satu bidang di dalamnya adalah PKM-Penelitian. Setiap tahunnya, ada banyak topic dan judul penelitian baru yang masuk lewat PKM, ada topik contoh PKM penelitian pendidikan.

PKM sendiri menjadi salah satu kegiatan rutin tahunan di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) langsung. Program ini menjadi upaya nyata dari Ditjen Dikti untuk membuat mahasiswa bisa menuangkan idenya sekaligus meningkatkan pola pikirnya. Program ini mirip seperti karya ilmiah, berikut beberapa contohnya:

1. Prinsip Kesopanan di Grup Mahasiswa

Sopan santun di kalangan mahasiswa selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan apalagi belakangan ini. Mahasiswa dan generasi baru selalu dikaitkan dengan penurunan moral serta sopan santun, tapi apakah benar seperti itu?

Topik penelitian terkait tingkat kesopanan di grup mahasiswa ini bisa menjadi salah satu penelitian yang membuktikan anggapan tersebut. Selain itu, topik ini juga bisa memberikan manfaat pada pihak lembaga pendidikan untuk mengetahui cara mengatasi ketika ada degradasi kesopanan.

2. Transformasi Etika Cerita sebagai Bahan Ajar

Indonesia memiliki banyak sekali latar belakang budaya serta cerita-cerita dari pendahulu yang punya banyak nilai baik. Ada banyak cerita rakyat ataupun makna filosofis kehidupan sebuah suku yang dituangkan dalam bentuk cerita.

Cerita tersebut bisa menjadi topik contoh PKM penelitian pendidikan lewat analisis lalu ditransformasikan sebagai bahan ajar. Sebagai contoh misalnya mengangkat topik Cerita Panji dalam masyarakat Jawa yang hendak diteliti sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia.

3. Metode Pembelajaran Agama

Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadikan agama sebagai salah satu mata pelajaran di bidang pendidikan. Mulai dari SD hingga kuliah, selalu ada mata pelajaran agama di setiap tahapnya, ini menjadi satu mata pelajaran wajib.  Topik mata pelajaran agama sebenarnya bisa memberikan banyak judul menarik untuk PKM penelitian sendiri meskipun harus berhati-hati.

Salah satu contohnya adalah pembahasan mengenai hubungan antara pembelajaran Agama Islam di sekolah negeri dan diskriminasi siswa beragama lain. Contoh lain yang bisa dijadikan bahan penelitian adalah kecocokan metode tilawah sebagai salah satu cara pembelajaran anak dalam membaca Al-Qur’an.

4. Keberhasilan Program Pendidikan Merdeka Belajar

Program baru dari Kemendikbud adalah program Merdeka Belajar untuk mahasiswa di tingkat universitas. Ada banyak sekali bidang dan program yang dijalankan di bawah naungan Merdeka Belajar seperti magang dan pertukaran pelajar.

Ini bisa menjadi topik penelitian menarik dimana tugas penulis PKM adalah mencari bagaimana respon mahasiswa terhadap program Merdeka Belajar. Selain itu, topik mengenai kepuasan mahasiswa yang sudah pernah menjalankan program ini juga bisa diambil. Tujuannya adalah memberi bahan evaluasi bagi penyelenggara.

5. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Dampaknya

Topik menarik lainnya di bidang pendidikan adalah terkait pendidikan karakter yang sejak dulu terus dibahas. Pendidikan karakter diwujudkan dalam berbagai bentuk dan cara di dalam setiap jenjang pendidikan.

Di tingkat universitas misalnya, ada program pendidikan karakter di awal masuk setelah melewati program pengenalan universitas. Topik mengenai dampak dari pelaksanaan pendidikan karakter tersebut terhadap budi pekerti mahasiswa bisa menjadi topik penelitian menarik.

Selain beberapa contoh PKM Penelitian pendidikan di atas, sebenarnya masih ada banyak topik menarik lainnya. Seorang mahasiswa juga bisa menuliskan terkait bagaimana efektivitas pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi ini di setiap jenjang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *