Pada masa pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini, setiap masyarakat termasuk mahasiswa perlu untuk melakukan penyesuaian diri. Misalnya, mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia pada masa sekarang dituntut untuk mempraktikkan beberapa contoh pengabdian masyarakat online yang tersedia. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai bentuk dari program yang adaptif.

Sebenarnya, setiap perguruan tinggi telah menyediakan dan menawarkan beberapa program pengabdian untuk masyarakat yang dapat dilakukan secara online. Pada umumnya, direktorat yang mengatur mengenai persoalan pengabdian kepada masyarakat untuk mahasiswa ataupun dosen tertentu menyediakan modul panduan tertentu. Meskipun begitu, beberapa contoh program di bawah ini dapat dijadikan referensi tambahan lainnya.

1. Melakukan Edukasi Tentang Pencegahan COVID-19

Pertama, terdapat contoh pengabdian masyarakat online yang sebenarnya dapat dijadikan program utama oleh mahasiswa dalam masa pengabdian masing-masing. Program ini memiliki fokus utama pada topik mengenai panduan untuk melakukan proses pencegahan COVID-19 yang sesuai dengan kondisi. Selain itu, program edukasi ini dapat dilakukan melalui berbagai media seperti poster ataupun video.

2. Membantu Petugas atau Pemerintah Desa

Selanjutya ada suatu program yang dapat dikatakan sebagai program yang perlu didahului dengan diskusi bersama dengan pemerintah desa yang ada. Tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa dapat melakukan penyesuaian program yang dimiliki dengan aktivitas yang bersifat urgent menurut pemerintah desa. Misalnya, mahasiswa dapat membantu dalam urusan administrasi desa secara online.

3. Memanfaatkan Media Online untuk Webinar

Pada masa pandemi, bukan suatu rahasia jika terdapat banyak aktivitas yang harus dilakukan tidak secara langsung melainkan melalui media daring. Oleh karena itu, program-program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat tertentu dapat dilakukan melalui berbagai media mulai dari Zoom hingga Google Meet. Melalui media-media tersebut, mahasiswa dapat melakukan seminar dengan tema tertentu.

4. Menyusun Buku Saku atau Modul Tertentu

Program lainnya yang dapat dicoba berikutnya oleh mahasiswa dalam proses pengabdian kepada masyarakat adalah melakukan penyusunan buku saku. Buku saku tersebut dapat dikategorikan menjadi dua bentuk, yaitu berisi identitas dalam berbagai aspek atau yang berfokus pada bidang tertentu. Selain itu, buku tersebut juga dapat disusun dalam bentuk sederhana seperti modul.

5. Menyampaikan Output Penelitian Melalui Video

Umumnya, dalam proses pengabdian tertentu, mahasiswa memiliki tugas yang penting dalam mempelajari setiap aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang. Mahasiswa juga memiliki peran yang besar dalam melakukan dokumentasi atas aktivitas-aktivitas tersebut seperti hasil dari pertanian atau peternakan masyarakat desa. Gunakan aplikasi yang terbaik dalam membuat dokumentasi seperti video melalui bantuan masyarakat.

6. Mengembangkan Situs Web yang Dimiliki Desa

Selain dapat membantu pemerintah desa dalam bidang administrasi seperti surat-menyurat, contoh pengabdian masyarakat online dapat dilakukan dengan mengembangkan website desa. Namun sebelum melakukan program tersebut, mahasiswa perlu melakukan dialog dengan pemerintah desa secara daring untuk mendapatkan persetujuan dan akses. Mahasiswa kemudian dapat melakukan konsultasi lanjutan tentang proses update situs web.

7. Melaksanakan Pendataan Tertentu Secara Daring

Terakhir, program yang bisa dijadikan referensi oleh mahasiswa ketika melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pendataan atau survei. Mahasiswa dapat memanfaatkan media populer seperti Google Formulir ataupun media lainnya untuk mendapatkan hasil survei yang memang dibutuhkan. Setelah itu, mahasiswa dapat menggunakan data tersebut dalam membuat output yang memang diinginkan.Panduan yang dijelaskan di atas terdiri dari beberapa contoh pengabdian masyarakat online yang tentu saja dapat dijadikan sebagai referensi terbaik oleh mahasiswa. Ketahui dan pahami setiap contoh di atas sebelum memilih salah satunya, melakukan perencanaan tertentu, kemudian mempraktikkannya dalam tim pengabdian. Ditambah lagi, setiap program dapat dipraktikkan sesuai dengan situasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *