Bagi seorang mahasiswa, mata kuliah Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan KKN memang menjadi salah satu ajang yang diharapkan. Hal ini dikarenakan dengan KKN ini mahasiswa akan mulai secara nyata mengeksplor pengetahuan dan keterampilannya untuk dituangkan dalam kehidupan masyarakat. Nah berikut beberapa proker kkn bidang pendidikan yang bisa menjadi gambaran ketika hendak KKN.

Perlu diketahui bahwa memiliki program kerja yang unik dan menarik tentu akan menjadikan KKN yang dilakukan mengesankan. Hal inilah yang menjadikan banyak alasan mengapa perlunya persiapan yang matang ketika hendak melakukan KKN. Untuk lebih lanjut mengenai hal ini, simak beberapa ulasan program kerja bidang pendidikan  berikut ini!

1. Mengaji dan Belajar Bersama

Bagi masyarakat, seorang mahasiswa tentu dianggap telah memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan masyarakat biasa. Terlebih bagi seorang mahasiswa pendidikan, ilmu dan keterampilan mereka tentunya lebih luas. Nah, bagi mahasiswa bidang pendidikan, bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya langsung ketika melakukan KKN tersebut.

Proker KKN bidang pendidikan yang bisa dilakukan yaitu melakukan belajar atau bahkan mengaji bersama. Ketika seorang anak memiliki seorang guru baru, tentunya akan menambah daya minat untuk belajar. Bahkan tidak hanya t, cara mengajar seorang yang menempuh jenjang tinggi entu akan berbeda ketika pendidikannya hanya dada saja.

2. Mengadakan Festival

Semua orang tentu sangat menyukai ketika terdapat sebuah festival. Tidak hanya anak-anak atau remaja saja, orang dewasa juga menyukai yang namanya festival. Dengan adanya festival ini bahkan mahasiswa juga bisa sekaligus memperkenalkan almamater yang dimilikinya. Tentunya karena jurusan yang dipilih adalah pendidikan, tentunya tema yang diusung tidak jauh dari pendidikan tersebut.

Untuk festival in sendiri disarankan untuk membuat sebuah properti yang akan menjadikan masyarakat semakin sadar akan pendidikan. Tentunya dengan memberikan berbagai ilustrasi maupun poster yang bisa menjadi slogan pendidikan.

3. Mengajar Ekstrakurikuler Di Luar Materi Pembelajaran Sekolah

Seorang calon pendidik ketika menempuh pembelajaran di bangku kuliah tentu memiliki gambaran materi yang hendak diajarkan ketika di sekolah. Nah, ketika mengadakan kegiatan di masyarakat, alangkah lebih baik juga diselingi dengan sebuah ekstrakulikuler. Tentunya ekstrakurikuler tersebut yang tidak ada di pembelajaran sekolah.

Dengan adanya ekstrakulikuler ini, masyarakat terlebih pelajar dasar akan memiliki gambaran banyak mengenai disiplin ilmu. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang sangat antusias ketika diajarkan sebuah ekstrakulikuler seperti halnya membuat prakarya daya guna atau yang lainnya.             

4. Mengadakan Kegiatan Pelatihan Keterampilan Seni dan Budaya

Selain mahir dalam bidang ilmu pelajaran, seni dan juga budaya tentu harus tetap dipegang teguh dan diperkenalkan sejak dini. Hal ini akan memupuk rasa nasionalisme dan juga jiwa cinta seni. Program kerja yang diusung bagi mahasiswa pendidik salah satunya yaitu bisa dengan melakukan kegiatan pelatihan baik itu keterampilan seni maupun budaya.

Dengan adanya sebuah program ini tentunya bisa menjadikan ajang memperkenalkan budaya  yang biasanya sudah mulai ditinggalkan anak muda. Nguri-uri budaya ini bisa dimulai dari budaya setempat terlebih dahulu baru menuju nasional.

5. Mengadakan Penyuluhan Pendidikan

KKN biasanya dilakukan di sebuah pedesaan bahkan yang terbilang pelosok. Hal ini menjadikan kesadaran akan pendidikan relatif kurang. Nah, bagi mahasiswa bisa mengatur jadwal untuk melakukan penyuluhan mengenai pendidikan ini.

Penyuluhan yang dilakukan bila meliputi pentingnya pendidikan, program pemerintah, bahkan harapan ketika menempuh pendidikan tersebut. Dengan adanya gambaran tersebut bisa menjadi sarana menunjang program pemerintah juga.

Beberapa proker kkn bidang pendidikan tersebut tentunya bisa menjadi sebuah gambaran ketika hendak melakukan terjun lapangan selama masa studi. Dengan banyaknya dan program yang terencana, tentunya akan kesuksesan ketika menjalankan KKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *