Pelaksanaan KKN memang sangat diwajibkan oleh perguruan tinggi di tanah air Indonesia. Kegiatan mengabdi di masyarakat ini merupakan bentuk praktek yang diterapkan oleh mahasiswa sesuai dengan ilmunya di bangku kuliah. Lantas apa sebenarnya maksud dan tujuan KKN tersebut? Mengapa wajib untuk dilakukan sebagai persyaratan untuk lulus.

Apa Maksud KKN?

KKN merupakan istilah yang sudah tidak asing di kalangan mahasiswa. Karena memang kegiatan tersebut menuntut mahasiswa untuk tinggal di daerah yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak kampus. Selain itu, dengan adanya KKN ini dapat diharapkan agar mahasiswa memiliki kreativitas yang tinggi.

Mahasiswa nantinya dapat melalui sebuah proses terkait pembinaan sehingga dapat memantapkan wawasan yang dimiliki. Dimana mahasiswa dapat memahami realitas terkait kehidupan masyarakat dalam menghadapi permasalahan yang ada. Hal tersebut yang menjadi tantangan bagi mahasiswa agar dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya KKN yang dilakukan, mahasiswa dapat menanamkan semangat tinggi dan memiliki kemandirian. Sehingga ilmu yang didapat akan digunakan untuk mengembangkan berbagai sektor. Tidak kalah pentingnya bahwa kegiatan KKN tercantum di dalam Tri Dharma yang diterapkan pihak kampus atau perguruan tinggi.

Apa Tujuan dari Pelaksanaan KKN Untuk Mahasiswa?

Maksud dari pelaksanaan KKN sudah diketahui, tentu ada juga tujuan untuk dicapai. Memang pelaksanaan KKN ini membuat mahasiswa untuk terjun langsung dan mengabdi pada masyarakat. Cara mengabdi mahasiswa adalah dengan membuat program kerja yang akan dilakukan. Namun pembahasan berikut, tujuan untuk dicapai mahasiswa pada pelaksanaan KKN:

1. Bisa Mendapat Pengalaman

Tujuan dari pelaksanaan KKN yang merupakan program wajib dari kampus adalah untuk mendapat pengalaman. Dimana pengalaman yang didapatkan akan dijadikan sebagai bekal bagi mahasiswa setelah lulus di bangku perkuliahan. Memang nantinya mahasiswa dituntut untuk melakukan interaksi langsung dengan masyarakat sekitar di tempat KKN.

2. Dapat Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pada saat melaksanakan KKN di sebuah daerah, tujuan utamanya adalah untuk menerapkan ilmu yang didapatkan. Mahasiswa dapat berbagi ilmu yang dimiliki dengan masyarakat yang ada di daerah tersebut. Hal tersebut termasuk bentuk kaderisasi untuk pembangunan yang akan dilakukan generasi muda. Sangat disayangkan jika ilmu yang didapat tidak dibagi kepada orang lain.

3. Sarana Transformasi

Pelaksanaan KKN juga dapat dijadikan sebagai salah satu sarana mahasiswa untuk dapat mentransformasikan ilmunya ke masyarakat. Dimana ilmu tersebut dapat digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Cara mentransformasikan ilmu tersebut dengan komprehensif, pragmatis, dan lain sebagainya.

4. Untuk Menerapkan Nilai Kepribadian

Maksud dan tujuan KKN yang dilakukan mahasiswa adalah untuk menerapkan nilai kepribadian yang dimiliki. Dimana nilai kepribadian yang dimaksud seperti memiliki sifat mandiri, bertanggung jawab, kepemimpinan, dan lain sebagainya. Semua sikap pada nilai kepribadian tersebut dapat diterapkan selama melaksanakan KKN di suatu daerah.

5. Dapat Meningkatkan Empati

Tidak semua mahasiswa memiliki rasa empati yang tinggi saat menghadapi sebuah permasalahan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan rasa empati tersebut dapat melalui program KKN yang dilaksanakan. Kepedulian mahasiswa akan terbentuk ketika melihat berbagai permasalahan sosial yang dihadapi dan mahasiswa dapat memberikan solusi.

Itulah beberapa ulasan lengkap terkait maksud dan tujuan KKN sebagai program dari kampus. KKN ini memang sangat penting untuk dilakukan sebagai persyaratan untuk lulus di perguruan tinggi. Selain itu, KKN juga merupakan bagian Tri Dharma yang selama ini diterapkan di kampus sebagai tempat menimba ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *