Pada saat terjun ke masyarakat untuk bisa melaksanakan berbagai program kerja yang ada. Maka program kerja KKN lingkungan hidup sering dilakukan. Para mahasiswa memilih beberapa cara bagaimana memulai program dan mensukseskannya untuk masyarakat. Inilah beberapa program kerja di bidang lingkungan hidup.

1. Mengadakan Penyuluhan Hidup Bersih Atau PHBS

Dalam melaksanakan program PHBS para mahasiswa harus terjun ke masyarakat untuk memberikan penyuluhan. Yaitu berupa penjelasan secara detail bagaimana cara untuk melakukan hidup bersih. Biasanya PHBS ini atau kepanjangan Perilaku Hidup Sehat merupakan tindakan yang harus dilakukan masyarakat.

Hal ini sangat penting agar memberikan efek yang baik kepada lingkungan sekitar bahkan diri sendiri. Dimana semua masyarakat bisa menjaga kesehatan dan lingkungannya dengan bersih. Mulai dari diri sendiri seperti membiasakan mencuci tangan hingga membersihkan lingkungan sekitar.

2. Pengelolaan Komoditas Barang Bekas Jadi Bernilai

Ketika di lingkungan masyarakat terdapat barang bekas yang bisa dimanfaatkan maka bisa jadi program kerja KKN lingkungan hidup. Dengan mengumpulkan barang bekas yang ada kemudian dilakukan pengelolaan secara baik dan benar. Yang kemudian menjadi barang bernilai jual tinggi dan terbaik.

Dengan begitu seluruh masyarakat akan diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengadakan barang bekas. Yang kemudian bersama-sama menggali kreativitas dalam mewujudkan barang bekas jadi yang terbaik. Itulah kenapa pentingnya memanfaatkan barang yang ada untuk jadi komoditas barang bekas yang bernilai.

3. Penanaman Pohon

Untuk bisa melestarikan lingkungan hidup maka bisa dengan memulai melakukan penanaman pohon.  Hal ini juga salah satu dukungan reboisasi yang ada saat ini. Dimana nanti bisa memberikan efek baik bagi lingkungan pedesaan. Masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang pengalaman bagaimana menanam pohon.

Penghijauan ini juga sangat penting dilestarikan sebagai upaya untuk bisa mewujudkan lingkungan asri. Penanaman pohon juga bisa membuka jalan untuk melestarikan lingkungan hidup. Yang mana ketika satu pohon ditebang maka harus diperbaharui dengan pohon atau tunas yang baru. Inilah yang menjadi hal utama ketika mulai maraknya penebangan pohon yang terjadi saat ini.

4. Pelatihan Sampah Hingga Daur Ulang

Pentingnya pengelolaan dan pengetahuan sampah ini memang menjadi hal penting di tengah masyarakat. Sebagai salah satu program kerja KKN lingkungan hidup dianggap penting yaitu pelatihan sampah hingga daur ulangnya. Pasalnya banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana pelatihan sampah dan daur ulang ini dilakukan.

Maka mahasiswa melalui program KKNnya bisa mengadakan kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian.  Yaitu dengan memberikan penyuluhan sampah seperti pemilahan sampah organic dan anorganik.  Kemudian setelah sampah dipilah maka bisa diadakan daur ulang agar sampah bisa terkontrol dengan baik.

5. Gotong Royong

Kegiatan lingkungan hidup yang biasanya dilakukan yaitu gotong royong lingkungan. Dimana semua warga masyarakat biasanya ikut terjun dalam kegiatan tersebut. Misalnya kegiatan bersih sungai bersama, bersih lingkungan desa dan sebagainya. Hal ini dilakukan secara gotong royong oleh semua warga masyarakat.

Maka mahasiswa juga mengambil peran penting dan sama untuk terjun bergotong royong dalam kebersihan lingkungan desa. Dengan mengutamakan hal tersebut maka harapannya lingkungan desa semakin teratur dan lebih bersih. Hal ini juga sebagai upaya untuk bisa mewujudkan desa yang bersih serta lingkungan asri.

Beberapa program kerja KKN lingkungan hidup ini memang sangat penting dilakukan. Para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN bisa membantu untuk semakin mewujudkan lingkungan desa yang lebih baik lagi. Jadi desa akan tampak asri dan lebih bersih dengan cara melakukan berbagai program terbaik untuk lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.