Jumlah usaha di bidang tersebut masih dapat dibilang dengan hitungan jari, sebagai referensi  untuk pengusaha baru  sebaiknya  mengetahui contoh UMKM kuliner.Dengan demikian, bisa mendulang untung besar namun modal yang dikeluarkan sedikit. Berikut ini beberapa contoh-contohnya untuk dikembangkan  serta bisa ditiru:

1.  Ayam Geprek

Kuliner yang pernah viral pada 3 tahun yang lalu ini, masih tidak pernah sepi yang menyukainya. Bahkan peminatnya terus bertambah. Terlebih saat ini banyak artis papan atas yang menjualnya menjadikan contoh UMKM kuliner ini layak ditiru dengan prospek yang menguntungkan.  Kuliner satu ini layak dijadikan sebagai komoditi bisnis karena tidak memerlukan modal besar.

Meskipun modal kecil namun berpotensi mendapatkan keuntungan besar. Hal tersebut dikarenakan hampir sebagian besar orang menyukai ayam goreng. Terlebih, ayam geprek dilengkapi dengan sambal khusus yang membuatnya semakin enak. Dijamin semua orang menyukainya. Pengusaha pun bisa berbisnis waralaba dari ayam geprek tersebut.

2.  Thai Tea

Minuman yang sedang viral ini bisa dijadikan contoh bisnis kecil yang dapat ditiru karena modal yang harus dikeluarkan terbilang kecil atau sedikit. Bisnis ini pun bisa dilakukan secara waralaba. Dengan demikian, pelakunya tidak harus menyediakan gerobak dan bahan racikan untuk membuat Thai tea dengan pilihan banyak rasa yang disukai oleh konsumen.

Meskipun terbilang baru, namun di pasaran cukup laris sehingga  mudah untuk mendapatkan keuntungan. Apabila pelaku bisnis bisa meraciknya, tentu tidak harus membuka waralaba. Cukup dengan mengeluarkan merk sendiri, peralatan untuk membuat thai tea, serta bahan-bahannya. Sekarang tergantung pada pilihan pebisnis itu sendiri, apakah hendak waralaba atau tidak?

3. Tahu Bulat Goreng

Contoh UMKM kuliner selanjutnya adalah tahu bulat. Di beberapa daerah, tahu ini diviralkan dengan nyanyian yang didendangkan dengan lagu khas Sunda. Dengan demikian, tahu bulat menjadi komoditi bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih tahun ini memiliki bentuk yang tidak biasa dan juga rasanya lebih gurih. Maka dari itu, penggemarnya tidak pernah sepi.

Harga per buah dari tahu ini yaitu Rp500. Terbilang cukup murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan konsumen. Apabila  laris manis, tidak sedikit pengusaha tahu bulat yang mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Saat ini menjual tahu bulat yang telah digoreng belum aa dengan sistem waralaba.

4. Sop Buah

Apabila mendengar kata ;sop’, imajinasi langsung tertuju pada sayur berisi daging ayam atau sapi dengan kuah bening dan ditambah dengan sayuran. Sop yang satu ini berbeda, karena berisi potongan buah segar dan dicampur dengan gula kinci atau susu kental manis sehingga cocok disantap kala siang hari.

Dikarenakan kesegaran buah campur yang telah dipotong lalu disatukan dengan cairan sirup manis segar, membuat bisnis satu ini sangat menjanjikan. Bahkan di beberapa gerai sop buah, banyak konsumen yang rela antri untuk mendapatkan sop buah ini. Dengan demikian cukup membuktikan, bahwa bisnis ini akan mendulang keuntungan besar.

5. Mpek-mpek Palembang

Kuliner yang berasal dari pulau Sumatera ini, cukup terkenal di tanah air. Maka dari itu, bisnis kuliner ini menjadi salah satu contoh UMKM Kuliner yang bisa ditiru. Terlebih untuk mendapatkan bahan-bahannya cukup mudah dan tersedia di seluruh Indonesia. Bahkan bisa dilakukan dengan  modal cukup kecil namun sangat menguntungkan karena peminatnya tidak hanya berada di Palembang .

Apabila mencari peluang usaha dengan skala kecil serta menengah sebaiknya mencoba dengan usaha kuliner. Terlebih bagi mereka yang hobi untuk mengolah kuliner, dengan membuka usaha tersebut bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu keuntungan dan hobi yang disalurkan, sehingga pentingnya mengetahui contoh UMKM kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *