KKN merupakan salah satu kegiatan yang diwajibkan kepada para mahasiswa oleh perguruan tinggi tempatnya belajar. Namun terkadang sejumlah kendala dalam pelaksanaan kerja hadir sebagai tantangan tersendiri bagi peserta. Misalnya saja seperti sekarang ini proker kkn di masa pandemi memang menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan. 

Perihal pelaksanaan dari kegiatan KKN itu sendiri memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan KKN dalam kondisi normal. Misalnya saja seperti mahasiswa yang menjalankan program kerjanya dari rumah masing-masing. Jika diperlukan untuk datang ke lokasi desa KKN pun para mahasiswa menerapkan protokol kesehatan dengan 3M. Berikut informasi terkait pelaksanaan proker KKN saat pandemi:

Pelaksanaan KKN

Diketahui pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini kegiatan KKN yang memang lebih terjun ke dunia masyarakat tetap dilaksanakan. Akan tetapi sistemnya cukup berbeda karena proker KKN di masa pandemi dilakukan secara individu dan tidak berkelompok sebagaimana mestinya. Pihak dari kampus mengambil langkah dengan tetap mengadakan kegiatan KKN. 

Salah satu alasannya adalah tidak ingin menunda kelulusan dari mahasiswanya. Mengingat pandemi ini belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir. Adapun kegiatan bimbingan yang diberikan oleh dosen pendamping lapangan juga dilakukan secara virtual. Namun apabila mahasiswa membutuhkan aktivitas yang bersifat lapangan, tetap menerapkan prokes yang dianjurkan oleh pemerintah. 

Tema Proker KKN

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN kali ini yang memang masih dalam situasi pandemi tidak menyurutkan para mahasiswa untuk tetap melakukan inovasi. Hingga beberapa tema besar akan diusung, diantaranya sebagai berikut:

1. Pelatihan Membuat Masker 

Salah satu program kerja yang dilakukan saat pandemi adalah memberikan sebuah pelatihan semisal pembuatan masker. Mengingat kebutuhan akan masker masih terbilang banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan yang ada pada masyarakat sekitar. Pelatihan ini juga diharapkan mampu untuk dijadikan tambahan penghasilan.

2. Pendampingan UMKM 

Diantara proker KKN di masa pandemi lainnya adalah dengan digitalisasi UMKM yang ada. Cara yang dilakukan oleh mahasiswa adalah melalui teknik pemasaran yang dilakukan lewat cara online. Dengan memasang peta atau yang sering disebut dengan Google Maps pada lokasi tempat UMKM tersebut. Tujuannya tidak lain supaya tempat UMKM yang dimaksud lebih mudah diketahui banyak konsumen melalui Internet.

3. Pengolahan Bibit Ikan Lele

Pada masa pandemi penjualan akan bibit ikan lele memang mengalami penurunan dari biasanya. Oleh karena itu para petani lele kesulitan dalam hal pemasaran dan berujung pada menurunnya jumlah penjualan. Maka mahasiswa melakukan inovasi berupa produk olahan dari bibit lele tersebut. Hingga dapat ditemui lele kecil yang lebih awet serta mempunyai nilai jual lebih tinggi.

4. Menjadi Duta Protokol

Kegiatan KKN bisa menjadi aktivitas yang membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi terhadap masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19. Mahasiswa bisa mengadakan peralatan untuk mencuci tangan. Serta juga kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer. Mengingat tingkat kesadaran atas penggunaan masker bagi warga masyarakat terbilang masih kurang.

5. Tanam Obat 

Menanam jenis tumbuhan yang tergolong dalam tanaman obat keluarga memang cukup berguna. Misalnya saja bisa dijadikan sebagai salah satu sumber obat untuk meningkatkan daya imun tubuh. Adapun contohnya seperti jahe, ada juga kunyit, serta bidara, tidak lupa kumis kucing dan lainnya. 

Itu tadi pembahasan mengenai proker KKN di masa pandemi yang cukup bermanfaat. Mulai dari mengadakan pelatihan membuat masker yang memang sekarang banyak dibutuhkan. Sampai dengan menanam berbagai macam obat keluarga. Ulasan tersebut bisa menjadi referensi bagi para mahasiswa yang tengah mencari program kerja untuk kegiatan KKNnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.