Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa merupakan sebuah kegiatan yang mampu menjadikan salah satu kontribusi nyata oleh mahasiswa. Nah salah satu kegiatan penting saat melakukan PKM ini yaitu menangani permasalah sampah. Bagi mahasiswa yang hendak melaksanak PKM tersebut, simak ulasan contoh PKM pengabdian masyarakat tentang sampah.

Kesadaran akan sampah yang terbilang masih kurang dan masih membutuhkan seorang penggerak. sehingga bisa menjadi salah satu penggerak masyarakat. Ketika hendak melakukan sebuah pengabdian pengelolaan sampah masyarakat, tentu membutuhkan rencana ini dengan baik dan juga sempurna. 

Hal ini berimbas pada manfaat yang nantinya hendak didapatkan. Nah, untuk mengetahui apa saja contoh pengabdian oleh mahasiswa yang bertema sampah ini, simak ulasannya berikut:

1. Membuat Sebuah Bank Sampah Untuk Hidup Bersih

Di sebuah pedesaan, bank sampah masih jauh dari pemikiran masyarakat. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan serta pentingnya menjaga kesehatan. Pengelolaan sampah yang kurang maksimal menjadikan sampah masih dianggap abu. Jika dipikir kembali, bisa dibayangkan bahwa setiap rumah tangga akan memiliki sampah setiap harinya. 

Jika sampah tersebut tidak dipikirkan secara matang serta dibuang sembarangan, tentunya akan merusak lingkungan. Tentunya hal ini akan berakibat pada sumber daya lingkungan yang lainnya. Dengan membuat bank sampah, tentu sampah akan terorganisir dan hanya bertempat di satu tempat saja. Hal ini akan lebih mudah dalam pengelolaan selanjutnya.

2. Melakukan Pelatihan Daur Ulang Sampah

Bisa dibayangkan jika setiap hari sampah akan menumpuk dan terus bertambah selalu. Tentunya jika tidak dilakukan sebuah pemikiran seperti halnya melakukan daur ulang sampah, keesokan harinya tidak bisa dibayangkan jadinya.

Lingkungan yang berkurang kesehatannya akan diimbangi dengan banyaknya sampah yang menumpuk. Dengan melakukan daur ulang sampah, hal ini akan menjadi salah satu upaya menjaga lingkungan dan juga menambah nilai ekonomis. contoh PKM pengabdian masyarakat tentang sampah yang satu ini perlu ide kreatif dari mahasiswa.

3. Penyuluhan Cara Pemisahan Sampah

Bagi orang yang telah menempuh pendidikan hingga tingkat tinggi mungkin sudah terbiasa dan menganggap hal ini menjadi sepele. Namun lain halnya di daerah pedesaan yang belum paham antara sampah organic non organic, medis atau yang lainnya. Banyak dari mereka yang membuang sampah dan diaduk jadi satu.

Seorang mahasiswa yang melakukan PKM sangat penting untuk melakukan penyuluhan bagaimana melakukan pemisahan sampah ini. hal ini akan menjadikan kemudahan dalam pengelolaan sampah pada langkah selanjutnya.

4.  Kegiatan Membuat Pupuk Kompos Dari Sampah

Ketika sebuah masyarakat telah mampu mengetahui bagaimana cara melakukan pemisahan sampah, hal ini akan lebih mudah untuk bisa dilakukan pengelolaan sampah pada tahap selanjutnya. Untuk sampah yang bisa terurai atau disebutsampah organic, bisa dijadikan sebuah pupuk kompos.

Pupuk yang ada dapat digunakan untuk tanaman sehingga memiliki nilai guna. Tentunya hal ini bisa juga dijadikan sumber ekonomi jika mampu mengolah secara benar.

5. Menggunakan Sistem Reuse

Perlu diketahui bahwa sampah sebelum dilakukan pengolahan, terdapat jenis sampah yang bisa dipakai kembali atau istilah yang lebih dikenal yaitu reuse. Untuk jenis sampah yang masuk dalam kategori ini seperti halnya mesin-mesin yang sudah dianggap tidak terpakai.

Banyak sekali sampah masyarakat seperti halnya mesin printer atau sejenisnya yang masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali. Tentunya hal ini akan mengurangi jumlah sampah.

Sebagai mahasiswa tentu harus berfikir lebih bagaimana bisa memaksimalkan segala potensi yang ada di masyarakat. Beberapa contoh PKM pengabdian masyarakat tentang sampah tersebut bisa memberikan gambaran bagaimana ketika turun langsung dengan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *