Salah satu harapan utama setiap mahasiswa ketika pertama masuk kuliah adalah bisa lulus tanpa ditunda-tunda. Namun nyatanya, banyak mahasiswa yang kelulusannya terpaksa molor karena banyak alasan, misal remedial, kesibukan Ormawa, dan sebagainya. Oleh karenanya, sebagai langkah antisipatif yang baik, sebaiknya simak tips lulus kuliah tepat waktu yang diberikan di bawah ini!

1. Pahami Setiap Kontrak Perkuliahan 

Hal pertama yang harus diperhatikan mahasiswa yang ingin lulus tepat waktu adalah kontrak perkuliahan. Kontrak ini bisa diartikan sebagai perjanjian atau komitmen yang dibuat bersama-sama oleh dosen  dan mahasiswa ketika awal perkuliahan. Melalui pemahaman atas kontrak ini, menghindarkan mahasiswa dari nilai buruk yang mengharuskannya mengulang kelas perkuliahan di tahun berikutnya. 

2. Atur Waktu Kegiatan dengan Akurat 

Mahasiswa pastinya tidak hanya dituntut untuk mendalami hard skill yang diajarkan selama perkuliahan saja. Namun juga wajib mempelajari soft skill di luar perkuliahan seperti aktif pada organisasi kemahasiswaan atau yang lainnya. Namun demikian, sebaiknya tetap memprioritaskan perkuliahan utama agar waktu kelulusan tidak mengalami penundaan hanya karena terlalu sibuk di kegiatan luaran. 

3. Ambil SKS Maksimal yang Diizinkan  

Perkuliahan sekarang ini, kebanyakan menerapkan SKS yang menentukan sedikit atau banyaknya mata kuliah yang bisa diambil. Biasanya untuk semester awal, jumlah mata kuliah diberikan otomatis tanpa harus memprogram misal sebanyak 22 sks. Namun, di semester berikutnya mahasiswa harus menentukan sendiri matkul sesuai batasan SKSnya, kalau memungkinkan bisa ambil maksimal yang ada. 

4. Siapkan Keuangan 

Tips lulus kuliah tepat waktu yang selanjutnya adalah pastikan dana perkuliahan tersedia cukup. Misalkan, dana untuk mengerjakan tugas baik langsung maupun praktikum, atau dana untuk membayar tanggungan wajib seperti uang ujian dan SPP. Ini penting diperhatikan agar jangan sampai kuliah terlambat hanya karena dana yang tidak ada saat sedang dibutuhkan. 

5. Fokus dan Konsisten dalam Mengikuti Kuliah 

Bila sudah masuk dalam masa perkuliahan, ada baiknya untuk mengurangi hal-hal tidak penting di luaran seperti nongkrong yang kurang diperlukan. Sesekali mungkin memang baik untuk bersosialisasi dan mendapat hiburan, namun sebaiknya jangan dibiasakan. Tetap fokuskan perhatian pada materi-materi yang terdapat pada perkuliahan, agar dapat mempertahankan konsistensi belajar secara lebih optimal. 

6. Membina Hubungan Baik dengan Dosen

Barangkali, mengakrabi dosen pengampu mata kuliah adalah salah satu cara paling ampuh untuk lulus tepat waktu. Karena melalui pengakraban ini, mahasiswa tidak lagi canggung ketika harus mengikuti setiap materi perkuliahan. Selain itu, dengan pengakraban mahasiswa juga dapat meningkatkan mood dalam belajar sehingga bisa berdampak pada penguasaan materi yang lebih optimal. 

7. Buat Grup Diskusi Positif 

Membangun sosialisasi secara positif dengan rekan mahasiswa lain bisa jadi pilihan cara lulus tepat waktu. Misalnya, dengan mengadakan diskusi positif untuk mengulas dan membedah ulang materi-materi yang ada dalam perkuliahan. Pastinya, hal ini akan memberi dampak besar seperti percepatan pemahaman, keberanian mengungkap pendapat saat di kelas, dan kecakapan sosial tentunya. 

8. Rencanakan Tujuan Setelah Kuliah 

Terakhir, namun cukup efektif adalah planing masa depan setelah kuliah nanti terlewati. Buatlah rencana ini, dan tanamkan dalam diri sehingga memunculkan motivasi dan semangat dalam melalui hari-hari. Terlebih, rencana semacam ini juga akan membatasi dan menjaga mahasiswa untuk tetap fokus pada tujuan kelulusannya dan terhindar dari banyak godaan seperti kemalasan. 

Itulah tadi berbagai macam tips lulus kuliah tepat waktu yang dapat disajikan pada ulasan ini. Pastinya, tips tersebut tidak akan pernah lengkap tanpa disertai dengan doa yang kuat. Jadi jangan lupa meminta pada Tuhan agar terhindar dari berbagai macam hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.