Ketika berada pada semester akhir, setiap mahasiswa harus melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata), khususnya untuk jurusan ekonomi harus mengetahui proker KKN ekonomi kreatif. Dengan demikian lebih mudah untuk menyusun berbagai program, terlebih bila harus memberdayakan masyarakat di pedesaan. Berikut ini beberapa program kerja yang dapat dijadikan referensi:

1. Menciptakan Lapangan Kerja untuk Masyarakat Pedesaan

Dalam Proker KKN Ekonomi Kreatif, setiap mahasiswa yang melakukan KKN harus bisa membebaskan masyarakat desa dari pengangguran. Masyarakat pedesaan seringkali memiliki jumlah pengangguran terbanyak, karena minimnya tersedia lapangan kerja di pedesaan. Hal ini merupakan salah satu program kerja yang harus dilakukan oleh mahasiswa.

Pada dasarnya potensi Sumber Daya Alam untuk dijadikan potensi bisnis, tersedia melimpah. Hal tersebut sangat ironi dengan banyaknya jumlah pengangguran di pedesaan. Maka dari itu, mahasiswa harus memecahkan jalan keluarnya agar jumlah pengangguran bisa ditekan serendah mungkin dengan menciptakan ekonomi kreatif dan membekali masyarakat dengan pelatihan.

2. Meningkatkan Kualitas SDM di Pedesaan

Program kerja lainnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk masyarakat pedesaan  adalah dengan meningkatkan kualitas SDM masyarakat pedesaan. SDM yang berkualitas merupakan salah satu faktor agar pedesaan lebih maju dan sejahtera. Maka dari itu, pentingnya melakukan KKN di pedesaan dengan program kerja untuk meningkatkan kualitas SDM.

Peningkatan kualitas SDM di pedesaan bisa melalui atau bekerja sama dengan organisasi masyarakat di pedesaan, seperti karang taruna. Peningkatan SDM memang diharuskan melalui pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Maka dari itu, sebagai sesama pemuda hal yang mudah bagi mahasiswa untuk melakukan pendekatan melalui organisasi masyarakat.

3. Mengelola dan Mendayagunakan Hasil Alam Pedesaan

Proker KKN Ekonomi Kreatif lainnya adalah mengelola dan mendayagunakan hasil alam pedesaan. Misalnya saja, bila pedesaan tersebut menghasilkan banyak buah kelapa, bisa membantunya dengan mengekspor buah kelapa tersebut pada negara lain untuk dijadikan bahan baku minyak goreng atau pada perusahaan dalam negeri pembuat minyak.

Terlebih jika masyarakat tersebut, kurang memahami cara pendistribusiannya. Dengan dibantu oleh mahasiswa yang melakukan KKN, sebagai program kerja dari jurusan ekonomi, maka potensi sumber daya alam di pedesaan, mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Dengan demikian, bisa menjadi komoditi bisnis yang menguntungkan.  

4. Memberikan Peluang untuk Mengembangkan Bisnis Baru di Pedesaan

Memberdayakan masyarakat pedesaan, harus dengan menciptakan lapangan kerja. Hal tersebut merupakan salah satu program kerja yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melakukan KKN di pedesaan. Apabila tidak bisa menciptakan lapangan kerja, sebaiknya untuk menciptakan peluang bisnis baru di pedesaan.

Maka dari itu, pentingnya mensosialisasikan ekonomi kreatif di masyarakat pedesaan agar dapat menciptakan peluang bisnis baru. Mengingat Sumber Daya Salam akan menipis seiring berjalannya waktu.Dengan demikian, masyarakat pedesaan tidak akan terus menerus bergantung pada alam.  

5. Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Pedesaan

Terakhir sebagai Proker KKN Ekonomi Kreatif adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Hal tersebut merupakan perwujudan dari menciptakan lapangan kerja dan juga peluang bisnis di pedesaan sebagai salah satu program kerja mahasiswa tersebut. Dengan demikian, konsistensi untuk mengembangkan masyarakat pedesaan harus terus tertanam di diri mahasiswa.

Mensosialisasikan ekonomi kreatif untuk masyarakat pedesaan melalui program KKN adalah cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Dengan demikian, memberikan peluang bagi masyarakat pedesaan agar terus berkembang, sehingga masyarakat pedesaan lebih berdaya dan memberikan edukasi bahwa tidak boleh selamanya bergantung pada alam.  

Setiap mahasiswa harus mengabdikan diri pada masyarakat agar ilmunya lebih bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, setiap kampus mewajibkan mahasiswanya untuk  mengikuti program kuliah Kerja Nyata atau KKN. Khususnya untuk mahasiswa jurusan ekonomi, harus mengetahui proker KKN ekonomi kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.