Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM hingga saat ini masih dipercaya sebagai ajang yang efektif untuk menggali kemampuan mahasiswa lebih jauh. Program ini terdiri dari banyak kategori dan salah satunya PKM GT topik pelestarian lingkungan. Contoh PKM GT tentang pelestarian lingkungan juga telah banyak tersedia. Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pengertian, manfaat, serta contoh dari program ini.

Pengertian

PKM GT merupakan kependekan dari Program Kreativitas Masyarakat Gagasan Tertulis. Ini merupakan salah satu komponen utama dalam penulisan PKM. Jadi bisa dikatakan bahwa program ini masuk ke dalam kompetisi menulis dimana mahasiswa akan menyampaikan gagasannya dalam bentuk tulisan.

Program yang satu ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuliskan ide-ide kreatif mereka mengenai topik dan masalah tertentu yang sedang terjadi di masyarakat. Ide yang dituliskan tentu harus kreatif, inovatif, dan unik. Tak hanya menuliskan gagasan, mahasiswa juga harus menuangkan solusi dari masalah yang diangkat dalam topik tulisan tersebut.

Melalui PKM GT ini mahasiswa bisa mengasah kemampuan berpikir juga menganalisis dan mengungkapkan fakta. Dari sekian banyak topik yang bisa diangkat, topik pelestarian lingkungan menjadi pilihan tepat. Topik ini sangat relevan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Tema pelestarian lingkungan bisa mendatangkan banyak manfaat jika dibahas dalam sebuah karya PKM GT.

Manfaat

Program kreativitas melalui penulisan gagasan ini memiliki banyak manfaat. Khususnya bagi program PKM GT yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup. Sebelum melaju lebih jauh ke topik contoh PKM GT tentang pelestarian lingkungan, mari kenali dulu apa saja manfaat dari program ini. Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari program satu ini:

  • Mengasah keterampilan menyampaikan gagasan mahasiswa
  • Mengasah keterampilan pengolahan data dan penyajian fakta oleh mahasiswa
  • Mengetahui masalah-masalah lingkungan yang mungkin sebelumnya tidak diketahui
  • Mendapatkan solusi terbaik atas masalah pelestarian lingkungan yang terjadi di masyarakat
  • Menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat luas
  • Mengasah keterampilan mahasiswa dalam membuat karya tulis

Contoh Program

Seperti diketahui bahwa sebenarnya ada begitu banyak isu lingkungan yang bisa diangkat dalam PKM ini. Masalah pelestarian lingkungan begitu nyata ada di depan mata jadi tak sulit untuk menemukan topik yang tepat. Berikut adalah beberapa contoh topik yang bisa diangkat dalam PKM GT pelestarian lingkungan:

  • Limbah plastik: Lewat topik ini bisa diambil pembahasan mengenai tingginya angka limbah plastik dari berbagai sumber. Dapat dicari opsi-opsi yang bisa diambil untuk mengolah limbah plastik menjadi komoditas yang menghasilkan keuntungan bagi masyarakat.
  • Lingkungan sungai: Melalui topik ini mahasiswa bisa mengamati masalah pemanfaatan lingkungan sungai di masyarakat. Dapat disajikan solusi yang tepat untuk menjaga kebersihan sungai dan memanfaatkan lingkungan di sekitarnya bagi masyarakat.
  • Limbah industri: Lewat topik ini mahasiswa bisa memaparkan masalah pengelolaan limbah bagi pabrik-pabrik industri. Paparkan solusi terbaik atau mungkin teknologi terbaru yang dapat membantu mengolah limbah sehingga meminimalkan pencemaran di lingkungan.
  • Ruang hijau: Lewat topik ini mahasiswa dapat memberikan pendapatnya mengenai terbatasnya ketersediaan ruang hijau di masyarakat. Sebutkan pula apa solusi yang bisa diambil agar ruang hijau semakin banyak dan bisa dijaga oleh masyarakat.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian, manfaat, juga contoh PKM GT tentang pelestarian lingkungan. Topik ini memiliki bidang yang sangat luas untuk dieksplorasi. Mulai saja dari lingkungan terdekat, masalah apa yang dihadapi dan paparkan faktanya lewat tulisan serta tunjukan opsi solusi terbaik yang bisa diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.