Menjadi seorang mahasiswa memiliki cara menyelesaikan pendidikan berbeda dari tingkat pendidikan sebelumnya. Jika tingkat sekolah melalui ujian maka tingkat universitas mengakhiri pendidikannya dengan menyelesaikan tugas akhir. Tempat riset untuk tugas akhir berbeda-beda bergantung pada topik penelitian yang dibahas di dalamnya.

Setiap jurusan atau prodi memiliki tempat penelitiannya masing-masing tergantung pada riset apa nantinya yang hendak dilakukan. Tempat riset bisa saja sama antara tugas akhir milik seseorang dan orang lain tetapi dengan topik bahasan yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh tempat riset untuk tugas akhir mahasiswa paling umum berdasarkan bidang penelitian:

1. Lahan Pertanian

Secara umum, penelitian di bidang pertanian dilakukan secara langsung di sebuah lahan pertanian. Ada dua tempat riset utama bagi mahasiswa yaitu pertama di dalam sebuah green house dengan tujuan mendapatkan lingkungan yang setara. Kedua di lahan langsung dengan variabel lingkungan yang beragam dan bisa ikut mempengaruhi hasil penelitian.

2. Desa untuk Topik Sosial Ekonomi Pertanian

Penelitian terkait bidang sosial ekonomi pertanian bisa dilakukan di berbagai tempat tergantung pada topik tugas akhir. Jika tugas akhir mengambil topik keuangan atau interaksi sosial di dalam sebuah perusahaan, maka tempat risetnya adalah di pabrik. Tetapi untuk topik tugas akhir yang membahas interaksi sosial maka bisa mengambil tempat di desa dengan lembaga tani.

3. Perusahaan untuk Bidang Administrasi Bisnis atau Akuntansi

Semua orang pasti sudah mengerti bahwa kedua bidang tersebut membahas tentang pencatatan keuangan dari sebuah badan. Tempat riset untuk tugas akhir yang digunakan tidak jauh dari sebuah perusahaan tertentu baik perusahaan cabang atau pusat.

4. Lembaga Pendidikan

Bidang pendidikan memiliki tempat riset yang sudah bisa ditebak yaitu di sebuah lembaga pendidikan tertentu. Bidang pendidikan juga bisa melakukan studi kepustakaan berdasarkan jurnal atau referensi tertentu dan juga wawancara. Tempat harus dibatasi pada sebuah lembaga tertentu atau di wilayah tertentu agar data yang dikumpulkan bersifat valid.

5. Laboratorium Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro memiliki tempat penelitian umumnya di laboratorium karena berkaitan dengan pengukuran terhadap variabel tertentu. Mahasiswa di jurusan ini banyak riset terkait perancangan tertentu dan dilihat bagaimana efektivitasnya sehingga perlu dilakukan di lab.

6. Perusahaan untuk Bidang Manajemen

Selanjutnya adalah dari topik yang membahas tentang manajemen dimana topik ini sering menggunakan sebuah lembaga untuk tugas akhirnya. Beberapa tempat paling umum misalnya adalah lembaga pemerintah, sebuah perusahaan retail, hotel, atau sebuah PT tertentu.

7. Masyarakat Umum

Tempat riset selanjutnya yaitu khusus untuk mahasiswa dari Fakultas Kedokteran yang umumnya menggunakan rumah sakit sebagai tempat riset. Selain rumah sakit, mahasiswa juga bisa menggunakan sebuah kecamatan untuk mengidentifikasi tingkat kesehatan ataupun menggunakan fakultasnya sendiri.

8. Puskesmas untuk Kesehatan Masyarakat

Berbeda dengan fakultas kedokteran, fakultas kesehatan masyarakat biasanya mengambil riset yang berhubungan dengan orang banyak (masyarakat). Tempat riset yang sering dipakai oleh mahasiswa dari bidang ini biasanya yaitu rumah sakit, posyandu tertentu, hingga puskesma.

9. Kecamatan untuk Bidang Antropologi Sosial

Berbicara mengenai topik antropologi berarti sama halnya dengan berbicara berkaitan dengan manusia baik sejarah, perilaku, hingga cara beradaptasi. Tempat riset paling cocok untuk bidang ini yaitu masyarakat di suatu wilayah tertentu secara langsung, misalnya pada kecamatan tertentu.

Mendapatkan tempat riset untuk tugas akhir sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah, hanya perlu latar belakang yang kuat. Cocokkan tempat riset dengan topik apa yang dibahas, topik teknik industri misalnya tidak mungkin mengambil rumah sakit sebagai tempat risetnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *